Sukses

Tak Punya Uang? Lakukan Saja 5 Hal Ini

Saat tak punya uang, kepala Anda pasti terasa seperti ditimpa banyak beban berat. Lebih baik, coba lakukan lima hal ini

Liputan6.com, New York - Saat tak punya uang, kepala Anda pasti terasa seperti ditimpa banyak beban. Perasaan cemas dan rasa tidak aman terus menghantui Anda saat tak sepeser uang pun di tangan.

Melansir laman Lifehack.org, Sabtu (9/5/2015), hindari meminjam uang pada orang lain saat Anda benar-benar sedang kehabisan dana. Pasalnya, berutang tak melatih Anda untuk berpikir produktif dan sebaliknya, menjadi konsumtif.

Tenangkan pikiran Anda, dan lakukan berbagai hal yang dapat menghilkan uang tanpa harus berutang. Berikut lima hal yang bisa dilakukan saat Anda tak punya uang:

1. Jual barang yang tak terpakaias

Di rumah, Anda pasti memiliki sejumlah barang yang sudah jarang digunakan lagi. Daripada meminjam uang, mengapa Anda tidak menjual barang-barang tersebut dan menukarnya dengan uang.

Anda bisa mengiklankan barang-barang tersebut secara online dan lihat berapa banyak orang yang berminat.

2. Menjual makanan

Jika Anda pandai memasak, cobalah mengolah sejumlah bahan makanan yang tersedia di rumah. Anda juga dapat melihat ke internet sebagai tambahan resep memasak makanan yang lezat.

Tak hanya menyenangkan, Anda juga tak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati makanan lezat. Selain itu, Anda dapat menjual makanan tersebut demi menghasilkan uang tambahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Bercocok tanam

Menanam buah dan sayur-sayuran ternyata tak hanya sekadar hobi. Anda dapat melakukannya di sela waktu luang dan menyiramnya sebelum atau setelah berangkat kerja.

Hasilnya juga dapat berguna bagi Anda di masa depan.

4. Habiskan waktu dengan keluarga

Setelah dewasa, Anda pasti lebih sering menghabiskan waktu di luar dibandingkan bersama keluarga. Saat tak punya uang dan rasa cemas mendera, berkumpullah dengan keluarga dan luangkan waktu lebih banyak untuk mereka.

Meski tak menghasilkan uang, cara ini dapat memberikan ketenangan dan membantu Anda lebih jernih dalam berpikir.

5. Menghibur diri

Saat tak punya uang, lebih baik hibur diri sendiri di rumah. Anda bisa menonton televisi, atau mendengarkan musik favorit yang dapat meringankan beban di hati karena talk punya uang.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menulis, menggambar atau melakukan apapun yang disuka untuk mengekspresikan perasaaan pribadi. Teman dapat menjadi tempat berbagi yang menyenangkan di saat-saat seperti itu. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.