Sukses

Rekor! Lukisan Picasso Ini Terjual Seharga Rp 2,37 Triliun

Lukisan Pablo Picasso baru saja terjual seharga Rp 2,37 triliun di rumah lelang, Christie's di New York, Amerika Serikat.

Liputan6.com, New York - Pelukis ternama dunia Pablo Picasso akan sangat bahagia jika dirinya masih hidup saat ini. Pasalnya, lukisan hasil karyanya baru saja terjual seharga US$ 179,37 juta atau Rp 2,37 triliun di rumah lelang Christie's di New York, Amerika Serikat.(kurs: Rp 13.194/US$).

Itu merupakan rekor penjualan lukisan dengan harga tertinggi di rumah lelang.

Melansir laman CNN Money, Rabu (13/5/2015), lukisan bertajuk `Les femmes d'Alger (Version "O")` mematok standar rekor terbaru di pasar seni.

Sebelumnya, karya seni termahal yang pernah terjual di rumah lelang merupakan lukisan `Three Studies of Lucian Freud` karya Francis Bacon. Pada 2013, lukisan Bacon terjual seharga US$ 142 juta.

Christie's, rumah lelang yang mengurus penjualan tersebut sebelumnya hanya memprediksi lukisan Picasso terjual seharga US$ 140 juta.

Sementara itu, penjual lukisan tersebut sebelumnya enggan menyebutkan berapa harga lukisan tersebut dan enggan mengungkapkan identitasnya. Lukisan Picasso itu terakhir kali terjual di rumah lelang seharga US$ 31,9 juta pada 1997.

Karya-karya paling terkenal dari tangan Picasso memang tercatat menyerap permintaan yang sangat tinggi. Pada 2013, manajer hedge fund Steven Cohen membeli lukisan Le Reve dari pengusaha hotel Steve Wynn seharga US$ 155 juta dalam penjualan pribadi.

"Karya Picasso merupakan pemicu penjualan seni kontemporer. Masih ada banyak karya seni Picasso bernilai US$ 2,5 miliar yang akan terjual," ujar CEO Fine Art Fund Group Philip Hoffman.

`Les femmes d'Alger` yang diterjemahkan menjadi wanita Alzajair dianggap sebagai karya seni utama kontemporer. Lukisan tersebut memperlihatkan fitur pelacur telanjang, tema umum untuk Picasso, dan dicat dalam gaya cubist yang telah menjadi kekhasannya.

Picasso, yang meninggal pada 1973, melukis lukisan tersebut untuk teman sekaligus pesaingnya, Henri Matisse, impresionis terkenal di Prancis. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini