Sukses

Top 5 Bisnis: 85% Pejabat Tak Bisa Jamin Anti Korupsi Bikin Kaget

85 persen aparat pengawasan intern di level I tidak dapat menjamin tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia masih menjadi negara dengan tingkat korupsi tinggi di dunia. Keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan bisa menghapus stigma Indonesia sebagai negara korupsi tersebut.

Namun, kenyataannya Presiden Joko Widodo harus kecewa karena ketika mendapat laporan dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengenai hasil audit mengenai pengawasan intern aparat pemerintahan.

Dalam hasil audit tersebut, 85 persen aparat pengawasan intern di level I tidak dapat menjamin tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Artikel tentang keterkejutan Jokowi ini menjadi tulisan paling menuai perhatian pembaca Liputan6.com.

Lengkapnya berikut 5 berita paling menjadi perhatian pembaca kami, Kamis (14/5/2015):

1. Jokowi Kaget, 85% Pejabat Pemerintah Tak Bisa Jamin Anti Korupsi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkejut ketika mendapat laporan dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengenai hasil audit mengenai pengawasan intern aparat pemerintahan. Dalam hasil audit tersebut, 85 persen aparat pengawasan intern di level I tidak dapat menjamin tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

"‎Saya kaget sekali dapat laporan ini, artinya aparat pengawasan intern belum dapat memberikan jaminan tata kelola pemerintahan yang baik dalam hal pencegahan korupsi," kata Jokowi di kantor BPKP, Jakarta, Rabu (13/5/2015). Sementara untuk level II dilaporkan hasilnya mencatatkan angka 14 persen, sedangkan untuk aparat intern di level III tercatat sebesar 1 persen.

2. Pemerintah Bebaskan PPN Rumah Murah

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan mengaku telah membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk rumah murah. Upaya ini dilakukan dalam rangka mengejar program Sejuta Rumah.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, pemerintah saat ini fokus pada program Sejuta Rumah karena menyangkut kepentingan rakyat secara umum, sebelum berpikir mengenai kepemilikan apartemen oleh warga asing.

3. Super Mewah, Ada Michael Jackson di Ulang Tahun Sultan Brunei

Sebagai salah satu raja terkaya di dunia, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah ternyata pernah menggelar ulang tahun super mewah dan elegan.

Di pesta ulang tahunnya yang ke-50 tersebut, Michael Jackson bahkan dikabarkan hadir dan menyanyikan beberapa lagu untuk memeriahkan suasana.

4. Berapa Harga Rumah Murah yang Bebas PPN?

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah murah guna mendukung program Sejuta Rumah. Batas atas rumah yang bebas pajak kini ditingkatkan dari Rp 140 juta menjadi Rp 300 juta.

"Iya memang dinaikkan di sekitar Rp 300 juta paling tinggi. Jadi kalau di bawah itu, tidak kena PPN," tegas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

5. Petral Akhirnya Dibubarkan

PT Pertamina (Persero) akhirnya memutuskan melikuidasi secara bertahap anak usahanya PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) mulai Rabu (13/5/2015).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, keputusan ini diambil setelah perusahaan plat merah tersebut melakukan pembenahan dalam tubuh Pertamina sejak awal 2015.(Nrm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini