Sukses

Jurus BKPM Capai Target Investasi Rp 519 Triliun

Tahun ini BKPM menggunakan format yang berbeda untuk menggenjot target investasi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi berbagai daerah akan kembali menggelar kegiatan Gelar Potensi Investasi Daerah (GPID) dan Regional Investment Forum (RIF) pada 18-22 Mei 2015 mendatang yang akan berlangsung di 3 kota yakni Medan, Manado, dan Mataram.

Kegiatan ini bertujuan guna mengupayakan pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi serta dalam rangka mencapai [target investasi](2221739/ "") Rp 519 triliun pada tahun ini.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan acara GPID & RIF merupakan kegiatan tahunan BKPM yang sudah dimulai sejak 2006. Namun untuk memaksimalkan kehadiran investor dan lebih memfokuskan peluang investasi daerah yang ditawarkan, tahun ini BKPM menggunakan format yang berbeda dengan menggelar roadshow di 3 kota dengan tema yang berbeda-beda.

"Untuk Medan, tema yang kami angkat adalah industri hilirisasi pertanian dan kemaritiman, di Manado yaitu industri kemaritiman dan pariwisata, serta di Mataram industri pariwisata dan industri padat karya," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/5/2015).

Nantinya acara yang digelar di masing-masing kota, mulai dari seminar setengah hari dan pameran peluang investasi daerah yang dihadiri seluruh perwakilan Badan Penanaman Modal – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) masing-masing wilayah, perwakilan asing, serta investor dan calon investor dari berbagai negara.

Acara tersebut juga akan memberikan kesempatan kepada para calon investor atau investor yang hadir untuk melakukan one-on-one meeting dengan para stakeholder di daerah baik kalangan pemerintah maupun dunia usaha.

"Kami berharap melalui kegiatan one-on-one meeting tersebut, para calon investor dan investor dapat memperoleh informasi first hand secara langsung untuk mengetahui secara detail peluang di daerah termasuk ketersediaan lahan, informasi kawasan industri dan lain sebagainya. Kami juga berharap dapat terjalin business matchmaking dengan calon mitra potensial di daerah," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Himawan Hariyoga menambahkan seluruh perwakilan BKPM di luar negeri atau Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) yang terdiri dari Korea Selatan, Australia, Inggris, Singapura, Jepang, Taiwan, Persatuan Emirat Arab, serta Amerika Serikat akan turut hadir membawa delegasi pengusaha dari masing-masing negara yang akan menjajaki minat investasinya di Indonesia.

"Kami berharap 60 persen target investasi BKPM dapat direalisasikan oleh para perwakilan IIPC dan 40 persen nya melalui fasilitasi BKPM di Indonesia. Tentunya baik kami yang di pusat maupun perwakilan di luar negeri harus berupaya maksimal untuk mengejar target tersebut," kata dia.

Pada kegiatan GPID dan RIF tersebut beberapa Menteri juga direncanakan akan memberikan paparan, antara lain Menteri Pariwisata, Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Perindustrian.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.