Sukses

BEI Perbanyak Kemudahan Main Saham Buat Genjot Nasabah

Pemain saham pemula disarankan supaya mengakumulasi saham pada perusahaan-perusahaan yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat untuk bisa masuk ke pasar modal. Salah satunya, masyarakat kini bisa membuka rekening di sekuritas dengan hanya mengeluarkan uang Rp 100 ribu.
 
Direktur Pengembangan BEI Frederica Widyasari Dewi mengatakan ketentuan ini jauh lebih mudah dan murah daripada aturan sebelumnya.
 
"Dulu buka akun sama dengan harga mobil. Dulu mobil Kijang Rp 25 juta, sekarang Rp 250 juta. Sekarang turun Rp 100 ribu," kata dia seperti ditulis, Kamis (14/5/2015).
 
Dia mengatakan, selain itu BEI juga telah memangkas jumlah lembar saham dimana sebelumnya 1 lot 500 lembar saham, kini hanya 100 lembar saham. "Jadi kalau 1 lot dikali saham Rp 100 per lembar kan Rp 10 ribu. Kalau Rp 100 ribu 10 lot," tutur dia.
 
Tak berhenti di situ, adapula kemudahan persyaratan bagi pelajar yang bisa bermain saham dengan hanya menggunakan surat pernyataan jika berusia 18 tahun.
 
Frederica ikut memberikan tips bagi pemain saham pemula. Dia menyarankan supaya mengakumulasi saham pada perusahaan-perusahaan yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.
 
Misal, saham perusahaan produk konsumsi yang ditemui sehari-hari. Kemudian untuk perbankan dengan melihat pelayanan, nasabah, dan sebaran kepemilikan ATM.
 
Dia bilang, pelaku pasar juga bisa memanfaatkan perusahaan-perusahaan yang baru saja mencatatkan namanya di BEI (initial public offering/IPO).
 
Pihaknya menegaskan, investasi di pasar modal memberikan keuntungan paling meyakinkan ketimbang investasi lain seperti deposito. "Pertama investasi dalam jangka panjang 5 tahun return-nya paling tinggi, dibanding deposito segala macam," tandas dia. (Amd/Nrm)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham