Sukses

Stok Menipis, Harga Cabai di Palu Melonjak

Kenaikkan harga cabai murni karena permintaan kosumen yang terus meningkat, sementara stok di tingkat pedagang mulai berkurang.

Liputan6.com, Palu - Harga cabai rawit dan cabai keriting di Palu, Sulawesi Tengah, merangkak naik. Menurut pedagang, kenaikan harga tersebut karena stok yang semakin menipis, sementara permintaan konsumen terus meningkat.

"Sudah dua minggu ini harganya naik," aku pedagang cabai di Pasar Masomba, Palu, Rabia, Kamis (14/5/2015). Ia menyebut, saat ini harga cabai rawit naik menjadi Rp 28 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya Rp15 ribu per kg. Sedangkan, harga cabai keriting dari harga Rp10 ribu per kg, naik menjadi Rp 20 ribu per kg.

"Kenaikkan ini murni karena permintaan kosumen yang terus meningkat, sementara stok kami di tingkat pedagang mulai berkurang. Kenaikan harga ini tidak ada permainan antara pedagang dan pengepul," imbuh Rabia.

Pedagang lainnya, Andi mengutarakan hal yang sama. Menurut dia, saat ini sejumlah petani cabai rawit dan cabai keriting di Sigi, Sulawesi Tengah, yang merupakan penyuplai cabai terbesar, belum memasuki masa panen.

"Stok kami berkurang karena petani di Sigi belum masuk panen. Kalau panen pasti pengepul sudah antarkan ke kami di pasar. Makanya, harga sekarang di pasar naik," jelas Andi.

Ditanya terkait tingginya permintaan konsumen, tambah Andi, tidak lain karena semakin dekatnya pelaksanaan bulan Suci Ramadan. "Seperti tahun-tahun sebelumnya, kalau sudah mendekati puasa pasti permintaan sejumlah kebutuhan pokok, termasuk cabai meningkat," tandasnya.

Kenaikkan harga cabai ini tak juga terjadi di Jakarta. Kondisi musim yang tak menentu seperti sekarang ini mengerek harga bahan pangan, seperti cabai hingga Rp 5.000 per kg. Hujan kerap datang di saat musim kemarau‎ sehingga berpengaruh terhadap tanaman pertanian.

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Bojong, Rawa Buaya, Jakarta Barat, Ari (52) mengungkapkan, komoditas cabai mengalami perubahan dalam beberapa minggu terakhir.

"Karena musim yang tidak menentu, harga jual cabai sudah naik antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000 setiap kilonya," ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Pria yang sudah berjualan sayur mayur sejak 10 tahun lalu ini menyebut, kenaikan harga cabai rawit merah dari Rp 25 ribu menjadi Rp ‎30 ribu per kg, cabai rawit hijau menjadi Rp 20 ribu per kg dari sebelumnya dibanderol Rp 15 ribu per kg. Cabai kriting merah dijual seharga Rp 30 ribu dari Rp 25 ribu setiap kilo. (Dio Pratama/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini