Sukses

Ini 6 Hal yang Pasti terjadi Jika Pinjami Uang ke Teman

Terkadang perasaan senang dapat meminjamkan uang pada teman dapat berakhir pahit saat waktunya membayar.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan teman yang membutuhkan dan meminjam uang pasti membuat Anda tak tega untuk menolaknya. Sebagai teman dekat dan dalam kondisi memiliki cukup uang, Anda pasti memilih untuk membantu dan meminjamkannya uang.

Meski membantu teman secara finansial dapat menghadirkan perasaan senang, tapi akhirnya kadang tak semanis di awal. Banyak juga pertemanan yang akhirnya terganggu lantaran sang teman telat atau tidak membayar utangnya.

Tak hanya menyenangkan, meminjamkan uang pada teman ternyata juga memiliki berbagai risiko. Berikut enam hal yang pasti terjadi jika Anda meminjamkan uang pada teman seperti dihimpun Lifehack.org, Sabtu (16/5/2015):

1. Merasa dihargai

Perasaan menyenangkan dan dihargai selalu muncul saat seorang teman berterima kasih karena Anda telah meminjamkan uang padanya.

Tapi kadang perasaan ini berubah saat waktunya sang teman membayar. Meski memang, di awal kondisi ini akan membuat persahabatan lebih kuat.

2. Merasa puas

Bersikap peduli dengan meminjamkan uang pada teman dapat memberikan perasaan hangat. Selalu manis rasanya mampu membantu teman dan ada kepuasan tersendiri karena telah melakukannya.

3. Seringkali pembayaran tak tepat waktu

Beginilah jadinya saat waktu membayar tiba. Seringkali teman Anda akan terlambat membayar dari waktu yang telah dijanjikan. Pasalnya, teman tak akan merasa terlalu tertekan karena memiliki hubungan yang dekat.

Itu hal yang biasa terjadi, teman mungkin tak menyadari betapa besar dampak dari mengembalikan uang tersebut tepat waktu. Seringkali teman menunggu membayarnya hingga Anda mendesaknya.

4. Teman jadi sering meminjam uang

Sering diberikan pinjaman uang bisa dapat mendorong teman untuk bergantung pada pinjaman tersebut. Itu bukan salah sang teman. Jika Anda dapat dengan mudahnya memberikan uang, maka mereka akan bergantung pada Anda.

Saat itu terjadi, dirinya akan dengan mudah meminjam dan meminjam lebih banyak uang.

5. Jadi sulit menagih

Anda akan merasa tidak nyaman untuk menagih utang tersebut pada teman sendiri. Anda juga akan kesulitan mendesaknya karena merasa memiliki hubungan yang dekat.

Kadang, saat Anda menagih, sang teman dapat dengan mudah melontarkan berbagai alasan yang membuat tagihan tersebut tertunda.

6. Dapat mengganggu hubungan pertemanan

Ini merupakan salah satu risiko paling signifikan dari meminjamkan uang pada teman. Jika teman tak bisa membayarnya kembali, apalagi jika dirinya tak berniat membayar utang tersebut.

Kondisi inilah yang seringkali menjadi bumerang yang dapat merusak hubungan pertemanan Anda. (Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.