Sukses

Ini Tips Deteksi Beras Plastik dari Kemendag

Dengan beredarnya beras mengandung plastik, Kemendag mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam membeli beras.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan beredarnya beras mengandung plastik, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam membeli beras.

Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag Widodo menyambut baik terbongkarnya beras mengandung plastik. Hal tersebut akan membuat masyarakat lebih berwaspada dalam membeli beras.

"Satu sisi ada positifnya bahwa konsumen biar tahu bahwa ada beras seperti ini. Sehingga konsumen lebih berhati-hati membeli beras," kata Widodo di Kantor Kemendag, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Widodo mengungkapkan perbedaan beras asli dan mengandung plastik. Jika beras asli putih di tengahnya ada putih seperti putih susu, tapi kalau mengandung plastik tenga berasnya bening.

" Tidak ada putih susunya. Maka itu kita bawa beras asli untuk membandingkan karena kita belum menemukan," tuturnya.

Menurut Widodo, pihaknya telah mengambil sampel beras mengandung plastik untuk mengusut asalnya.

 "Maka itu kami sedang cek di Bekasi sudah membawa ini ke laboratorium dan masih kami tunggu hasilnya," ungkapnya.

Widodo menambahkan, pihaknya sudah menggandeng Bareskrim untuk melacak dan meminimalisir peredaran beras yang membahayakan tersebut.

"Ini nanti kita juga akan bekerjasama dengan Bareskrim karena di Bekasi sudah ikut turun tangan untuk melakukan penanganan masalah ini," tutupnya.

(Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.