Sukses

Mudik Lebaran, Pemerintah Kembali Beri Angkutan Motor Gratis

Jumlah angkutan motor gratis yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan akan segera mengumumkan dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan kembali memberikan angkutan motor gratis bagi masyarakat saat mudik lebaran. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, jumlah angkutan motor gratis yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan akan segera mengumumkan dalam waktu dekat.

"Jadi angkutan gratis dengan kapal TNI dan juga kereta itu yang nanti kami umumkan  dalam satu hingga dua minggu ke depan. Kalau mepet orang kasihan," kata dia Selasa (19/5/2015).

Untuk angkutan laut, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan 4 kapal pergi-pulang dengan tujuan Semarang. Adapun 4 kapal tersebut terdiri dari 2 kapal milik TNI AL dan 2 kapal milik PT Pelni (Persero). Kapasitas yang bisa diangkut oleh keempat kapal tersebut mencapai 10.000 kendaraan.

"Daya angkut 1 kapal kurang lebih 1.250 kendaraan, jadi kalau 4 kapal bisa memuat 5.000 kendaraan.  Kami siapkan untuk angkut 5.000 kendaraan untuk mudik dan 5.000 kendaraan balik. Tahun lalu 5.100 kendaraan, makanya kami siapkan tahun ini 10.000 kendaraan," lanjutnya.

Jonan melanjutkan, kendaraan yang diangkut melalui kapal terjamin keamanannya. Mengingat, kendaraan-kendaraan tersebut sebelum diangkut telah diasuransikan. "Asuransinya menggunakan PT Jasa Raharja, kan subsidi Rp 20 miliar," paparnya.

Sementara, untuk angkutan kendaraan motor yang menggunakan kereta api, Kementerian Perhubungan belum memberikan hitungan yang pasti. Meski begitu, Jonan bilang tak berbeda jauh dengan tahun lalu.

Kementerian Perhubungan pada tahun 2014 telah menyediakan mudik gratis bagi para pengendara motor sebanyak 4.800 orang. Namun sayangnya, kuota yang disediakan tersebut tidak mencapai target. Padahal tujuan dari fasilitas ini cukup positif yaitu untuk mengurangi angka kecelakaan dan juga memperlancar arus mudik.

Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran mudik gratis dengan kuota 2.400 motor atau 4.800 pemudik mulai 1 Juli hingga 16 Juli 2014 yang dilakukan di 5 lokasi pendaftaran yaitu di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Kantor Dishub Kota Bekasi, Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Depok dan Kantor Dishub Kota Tangerang Selatan.

Sampai dengan batas akhir pendaftaran, jumlah peserta mudik gratis untuk moda angkutan jalan (motor diangkut truk, penumpang naik bus) yang terdaftar adalah sebanyak 2.272 unit sepeda motor atau 95 persen dari kuota yang tersedia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.