Sukses

Sektor Perikanan Tumbuh Lebih Tinggi Ketimbang Ekonomi RI

Pertumbuhan sektor perikanan mencapai 8,6 persen pada kuartal I 2015 dari pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya 4,7 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan telah bekerja dengan baik di masa awal Pemerintah Presiden Joko Widodo. Penerapan regulasi anti Ilegal Unreported Unregulated (IUU) Fishing telah berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan penerapan anti IUU Fishing untuk mewujudkan kemandirian bangsa Indonesia. "Kita serius menjaga sumber daya laut kita untuk kesejahteraan masyarakat. Bukan kita sok berani, tapi kita menegakkan hukum kedaulatan. Supaya punya kemandirian, kedaulatan, mengerjakan program kedaulatan," kata Susi saat memperingati Hari Kebangkitan Nasional, di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Keberhasilan itu terlihat dari pertumbuhan sektor perikanan RI sebesar 8,6 persen pada kuartal I 2015. Padahal ekonomi Indonesia hanya tumbuh 4,71 persen pada kuartal I 2015.

Akan, tetapi Susi tak cepat puas. Dia bilang laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut angka rumah tangga di sektor kelautan dan perikanan turun dari 1,6 juta menjadi 800 ribu. "Kita harus bisa mengembalikan minat dan kemungkinan perencanaan bisa sejahtera," ujar Susi Pudjiastuti.

Ia juga meminta supaya para pegawai KKP terus melakukan kerja yang terbaik. Hal itu untuk mewujudkan kemandirian di bidang ketahanan pangan. "Ini perjuangan terus menerus itu program pemerintah membangun kemandirian," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini