Sukses

Pedagang Gas di Indonesia Cuma Modal Kertas

Kementerian ESDM sedang membenahi tata kelola gas.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang membenahi  tata kelola gas. Pasalnya, sebagian besar pengusaha gas di Indonesia hanya bermodal kertas.

Sudirman mengatakan, pembenahan tata kelola gas dilakukan untuk menumpas pedagang gas pemburu rente yang beroperasi di Indonesia.

"Di bidang tata kelola gas, tidak terbaca publik untuk meminimalkan trader gas berkarakter pemburu rente," Sudirman dalam  The 39 Th IPA Convention & Exebition, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Sudirman mengungkapkan, dari profil pengusaha gas yang dikumpulkan terdapat 60 pengusaha, namun yang memiliki fasilitas penyaluran gas hanya 15 pengusaha. Sedangkan sisanya hanya bermodal kertas.

"Selebihnya pantauan intelejen Kementerian ESDM, para saudagar gas ini hanya bermodal kertas," paparnya.

Sudirman mengakui, ada pihak yang tidak suka atas pembenahan tersebut. Namun, pemerintah harus melakukannya karena penjual gas abal-abal menjadi masalah serius.

"Tentu ada yang tidak suka, dnegan kebijakan trading gas adalah yang serius," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.