Sukses

Miliarder Terkaya RI Sumbang Rp 1 Triliun untuk Pelatihan TKW

Menteri Yohana gandeng miliarder dermawan asal RI Tahir untuk mempersiapkan calon tenaga kerja wanita (TKW) yang kompeten.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder dermawan asal Indonesia, Tahir melalui Tahir Foundation mengucurkan dana Rp 1 triliun untuk melatih calon tenaga kerja wanita (TKW) yang akan bekerja di luar negeri.

Hal ini akan tertuang dalam Nota Kesepahaman Proyek Pelatihan Calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) dengan Tahir Foundation. Pelatihan ini diberikan untuk mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten.

Menteri PP-PA, Yohana Yembise mengatakan kolaborasi proyek pelatihan calon ini merupakan wujud kepedulian seorang anak bangsa seperti Tahir yang mau membantu calon TKW Indonesia.

"Kerja sama ini saya sambut dengan sukacita karena visinya untuk mengembalikan harkat dan martabat perempuan Indonesia yang bekerja di luar negeri, yang selama ini menemui banyak permasalahan," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Selama ini TKW Indonesia di luar negeri sebagian besar bekerja sebagai PRT (pembantu rumah tangga) demi mendapatkan uang untuk menghidupi keluarganya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise melakukan kunjungan ke kantor Liputan6.com, Jakarta, Senin (19/5/2015). Yohana berkeliling melihat aktivitas redaksi dan melakukan interview khusus. (Liputan6.com/JohanTallo)

Dengan status sebagai PRT, mereka tidak memiliki posisi tawar. Akibatnya, TKW bekerja dengan penuh pengorbanan walaupun diperlakukan tidak adil, seperti disiksa, menjadi korban pelecehan, bahkan kehilangan nyawanya.

"Pelatihan ini bukan untuk penyaluran PRT tapi menyiapkan TKW yang berkeahlian dan berketahanan. Saya akan selalu berkoordinasi dengan Menaker, Menpariwisata, Menkes, dan BNP2TKI," kata dia.

Dengan mengambil tagline Wanita Indonesia Hebat (WIH), proyek pelatihan calon TKW ini akan diadakan selama 5 tahun dengan melibatkan enam provinsi sebagai pilot project di tahun pertama ini diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Maluku.

Sementara itu, Tahir mengatakan meski Tahir Foundation tidak bisa memberantas kemiskinan secara keseluruhan, namun setidaknya dengan kerja sama bersama KPP-PA ini pihaknya bisa memberikan pelatihan yang konsisten kepada perempuan Indonesia menjadi calon TKW yang berkeahlian dan berketahanan sehingga mempunyai posisi tawar.

Bukan lagi sebagai PRT sehingga mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan bagi dirinya dan keluarganya serta dapat mengurangi resiko terhadap tindakan pelecehan.

Menurut  orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes itu, seharusnya menjadi TKW di luar negeri bukan menjadi tujuan utama, tetapi menjadi tujuan antara.

"Saya berharap menjadi TKW di luar negeri hanya selama 2-3 tahun guna mendapatkan modal untuk berwirausaha, lebih-lebih kalau bisa menjadi wirausaha di luar negeri, kan mereka sudah dibekali keahlian bahasa dan ketrampilan," jelasnya.

Pelatihan Tenaga Kerja Wanita Indonesia Hebat (WIH) ini meliputi lima bidang pelatihan, antara lain bidang bahasa (bahasa Inggris dan bahasa Mandarin), bidang hospitality, bidang keperawatan, bidang dasar bisnis dan pelatihan pengembangan karakter.

Pelatihan TKW ini rencana akan dimulai pada Agustus. Kementerian PP dan PA dengan Tahir Foundation akan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan K/L seperti Kementerian Ketenagakerjaan dan BNP2TKI serta melalui duta besar Indonesia di negara tujuan, seperti  Hong Kong, Singapura, Malaysia, Taiwan, dan khususnya Dubai.

Siapa Tahir?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendiri Mayapada Group

Pendiri Mayapada Group


Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir atau biasa akrab dipanggil Tahir lahir di Surabaya pada 26 Maret 1952. Pria terkaya di Indonesia ini memulai kiprah di dunia usaha dengan merintis bisnis garmen.

Dari garmen lambat laun, Tahir merambah bisnis lain. Diawali dari Mayapada Group yang didirikannya pada 1986, bisnisnya merambat dari dealer mobil, garmen, perbankan, real estate sampai di bidang kesehatan. Bahkan Tahir juga masuk ke dunia media dengan mendirikan Forbes Indonesia.

Bank Mayapada yang didirikan tahun 1990 menjadi salah satu andalan tahir untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.  Dari bisnis yang dijalankannya, Tahir mengantongi kekayaan US$ 1,85miliar pada tahun ini. 

Pria berusia 63 tahun ini tercatat sebagai orang terkaya nomor 11 di Indonesia dan 1.105 dunia versi Majalah Forbes.

Gagal jadi dokter...

 

3 dari 4 halaman

Gagal Jadi Dokter

Gagal Jadi Dokter

Menjadi pengusaha sebenarnya bukanlah cita-cita Tahir saat masih kecil. Impian Tahir sesunguhnya adalah ingin menjadi seorang dokter. Usai lulus dari SMA Kristen Petra Kalianyar Surabaya, Tahir melanjutkan pendidikannya dengan menjadi mahasiswa sekolah kedokteran di Taiwan. Namun cita-citanya kandas karena kematian sang ayah sehingga tak sanggup membayar biaya kuliah.

Berbekal beasiswa, Tahir melanjutkan sekolah bisnis di Nanyang Technological University, Singapura. Namun, meski sudah menjadi pengusaha sukses, impian tahir ternyata belum pupus. Ia pun mendirikan Rumah Sakit Mayapada dan mulai beroperasi sejak 1995.

Melalui rumah sakit ini, Tahir membantu orang-orang yang kurang mampu, termasuk memberikan pengobatan gratis bagi anak-anak yang mengidap kanker.  Bahkan, untuk biaya transplantasi yang miliaran bisa ditanggung yayasan amal tersebut.

Miliarder murah hati...

4 dari 4 halaman

Miliarder Murah Hati


Miliarder Murah Hati

Membantu anak-anak penderita kanker mungkin hanya sebagian dari aktivitas sosial yang dilakukan Tahir melalui lembaga amalnya.

Melongok sepak terjangnya, Tahir adalah contoh miliarder yang bisa jadi panutan karena tak pelit mengeluarkan uang ratusan miliar demi kesehatan orang miskin atau untuk beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu di seluruh Indonesia.

Dengan kekayaan US$ 1,85 miliar, Tahir menjadi salah satu miliarder paling murah hati di tanah air. Forbes mencatat, Tahir menyumbangkan tak kurang dari US$ 50 juta atau Rp 475 miliar untuk sejumlah universitas di China, Indonesia, Amerika Serikat, dan Singapura.

Tak hanya Tahir, sang Istri yang merupakan putri dari pengusaha Indonesia Mochtar Riady, Rosy Riady, juga mendirikan yayasan sosial h2h Charity yang berperan membantu menyekolahkan anak-anak kurang mampu di Indonesia.

Tahir juga bergabung dengan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan sosial milik miliader terkaya di dunia Bill Gates. Saking dekatnya, pendiri Microsoft yang juga merupakan miliarder nomor satu dunia itu rela menyambangi Jakarta pada 5 April 2014 atas undangan Tahir.

Kunjungan singkat ke Jakarta ini untuk urusan sosial, tepatnya mendukung penuh pembentukan Indonesia Health Found, sebuah lembaga sosial yang akan menampung donasi para pengusaha dan filantropis di Indonesia yang dananya akan disumbangkan ke berbagai kegiatan kemanusiaan.

Bos Mayapada ini juga diketahui menyumbangkan dana hingga US$ 100 juta setara Rp 950 miliar, dari rencana sebesar US$ 200 juta. Sumbangan itu untuk membantu yayasan tersebut menanggulangi melawan masalah TBC, HIV, dan malaria di Indonesia. Dana tersebut juga digunakan untuk memperluas akses alat kontrasepsi.

(Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini