Sukses

Top 5 Bisnis: Aksi Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Asing

Kapal tersebut berasal dari Vietnam, Thailand, Filipina dan China.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menenggelamkan 19 kapal pelaku pencurian ikan (IUU Fishing). Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menyebutkan, kapal tersebut berasal dari Vietnam, Thailand, Filipina dan China.

Kapal tersebut melalui proses hukum oleh KKP dan ditenggelamkan di Pontianak Kalimantan Barat sebanyak enam Kapal. Lalu 11 kapal di perairan Bitung Sulawesi Utara, satu kapal di perairan Belawan Sumatera Utara, dan satu kapal di perairan Aceh.

Pihaknya menuturkan, berdasarkan koordinasi dengan TNI Angkatan laut pada hari yang sama menenggelamkan 22 kapal yang dilaksanakan di Renai Kepulauan Riau. Sehingga total 41 kapal yang ditenggelamkan.

Aksi penenggelaman kapal tersebut menjadi informasi yang paling dicari pembaca. Tak hanya itu, misteri soal beras plastik serta perselisihan antara Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said juga berhasil memikat masyarakat.

Lengkapnya, berikut lima berita paling populer di kanal bisnis Liputan6.com edisi Rabu, 20 Mei 2015:

1. Rayakan Harkitnas, Menteri Susi Tenggelamkan 19 Kapal Asing

Penenggelaman kapal asing pencuri ikan dilakukan dinamit daya ledak rendah sehingga kondisi kapal terjadi dan beralih fungsi menjadi rumpon di lokasi penenggalaman. Susi berharap kapal-kapal yang ditenggelamkan menjadi habitat baru bagi ikan-ikan di perikanan tersebut.

2. Trik Biar Langsung Diterima Kerja Usai Lulus Kuliah

Sekolah hingga jenjang perguruan tinggi ternyata bukan jaminan Anda dapat meraih pekerjaan yang diimpikan. Banyak juga, lulusan perguruan tinggi yang akhirnya harus menganggur selama beberapa waktu lantaran sulitnya mencari pekerjaan.

Di tengah persaingan mencari pekerjaan yang semakin ketat, kecemasan para mahasiswa semakin besar. Kadang, sejumlah lulusan perguruan tinggi masih mencari-cari pekerjaan apa yang diinginkan, atau mampukah dirinya meraih pekerjaan impian.

Untuk menghindari berbagai ketidakpastian tersebut, Anda harus sudah mempersiapkan semua kemampuan dari awal. Apa saja?

3. Misteri Beras Plastik Terkuak 5 Hari Lagi

Kementerian Perdagangan (Kemendag) sedang melakukan penulusuran asal muasal beras plastik yang beredar di pasaran. Namun begitu, Direktur Jenderal Standardisasi Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag, Widodo  masih memastikan temuan beras tersebut apakah benar-benar mengandung sintetis plastik atau tidak.

Saat ini Kemendag tengah melakukan uji laboratorium dan hasilnya terungkap lima hari lagi.

4. Tak Kapok, Sudirman Said Kembali Sindir SBY

Setelah mengeluarkan pernyataan kontroversial yang membuat Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono marah, Menteri Energi Sumber Daya Minral (ESDM) Sudirman Said kembali melontarkan pernyataan yang menyinggung kebijakan sektor minyak dan gas (migas) pada masa pemerintahan terdahulu saat berpidato dalam dalam acara The 39Th IPA Convention & Exhibition.

5. Intip Karya Terakhir Didi Petet di Expo Milano

Dalam satu tahun terakhir, Almarhum Didi Petet mencurahkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk membangun Paviliun Indonesia di ajang World Expo Milano (WEM) 2015. Didi Petet merupakan penyelenggara atau event organizer Paviliun Indonesia lewat Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN).

Bahkan di hari-hari terakhir menjelang ajangnya, Pria yang wafat dalam usia 58 tahun ini terus mendedikasikan dirinya demi mengemas miniatur Indonesia di pameran internasional yang digelar mulai 1 Mei tersebut.

Di tengah keterbatasan dana, Paviliun Indonesia karya terakhir Didi Petet ini berhasil menyedot perhatian pengunjung. Dari hari ke hari jumlah pengunjung yang datang menyambangi paviliun Indonesia juga terus bertambah. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini