Sukses

6 Cara Cepat Dapat Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Semakin lama Anda menyandang status pengangguran, semakin sulit Anda menemukan pekerjaan lagi. Perlu strategi mengatur waktu, menemukan kembali kepercayaan diri, dan mempersiapkan diri akan penolakan yang akan Anda terima.

Apalagi banyak perusahaan yang ragu mempekerjakan orang yang menjadi pengangguran dalam waktu terlalu lama. Namun Anda bukan satu-satunya yang tidak memiliki pekerjaan dalam waktu lama.

Walau mungkin itu menjadi hambatan, seringkali human resources department (HRD) ada dalam posisi tidak menguntungkan dan merasa tidak perlu mengabari dulu. Anda harus berani. Status pengangguran dalam waktu lama bukan lagi masalah besar. Atasi rasa malu dan tidak bersemangat Anda, kemudian kembalilah ke jalan benar.

Pertanyaan sesungguhnya bagi mereka yang tidak bekerja selama setahun hingga dua tahun adalah: untuk apa mereka menggunakan waktu lama itu? Jika Anda menggunakannya untuk melakukan hal produktif seperti kursus atau kegiatan sukarelawan, Anda bisa menjadi kandidat.

Berikut 6 tips memanfaatkan waktu pengangguran yang panjang, seperti dikutip dari laman thestreet.com, Selasa (26/5/2015):

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Jangan frustasi atau tidak bersemangat

Jika Anda membiarkan diri merasa frustasi dan terbebani, itu akan mempengaruhi suasana perasaan orang lain. Cari tempat untuk menyimpan perasaan negatif Anda sementara.

  1. Fokus pada target Anda

Komunikasikan dengan jelas apa yang Anda inginkan, dengan semangat. Pekerjaan yang cocok untuk Anda, lokasinya, dan kualifikasi kandidat. Di pasaran saat ini, bukan tidak boleh memiliki target lebih dari satu. Walau pun jangan juga terlalu banyak karena akan membuat prosesnya membingungkan, berantakan, dan tidak efisien.

  1. Buat Rencana

Untuk semua orang yang mencari pekerjaan, baik yang baru dipecat atau mengambil waktu secara sengaja, kunci kesuksesan adalah memiliki rencana. Adalah strategi yang digunakan untuk menempatkan diri Anda di luar sana. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari resume, cover letter, koresponden, pertanyaan wawancara dan latihan, riset pasar dan perusahaan.

  1. Bangun kredibilitas

Dalam hal ini, Anda perlu membuat diri menonjol dibanding kandidat lain. Tentunya, cerita yang Anda sampaikan harus secara jujur, namun juga menempatkan Anda di perspektif positif. Jika Anda menganggur selama dua tahun karena pilihan, untuk apa waktu Anda dihabiskan? Bisakah Anda menunjukkan kalau waktu itu digunakan secara produktif, dan membuat Anda kandidat yang baik? Ini bisa termasuk mendapat sertifikasi atau menbangun relasi baik.

  1. Melakukan kegiatan sukarela

Jika memungkinkan, Anda bisa mencoba tidak terlalu spesifik dalam hal pekerjaan, sehingga waktu yang Anda habiskan memiliki potensi memperkenalkan ke orang-orang yang mungkin mendengar tentang kesempatan ini. Jika Anda ada dalam posisi pemimpin, seperti menjadi ketua komite, itu akan menawarkan visi ke depan. Walau bukan spesifik secara industri, itu merupakan prestasi bagi Anda.

  1. Cari pertolongan

Seringkali, Anda akan menemui jalan buntu. Di saat inilah Anda perlu perspektif dari orang lain. Cari orang-orang lain dengan masalah serupa, dan buat grup dukungan sendiri. Pada banyak kasus, pencerahan, dan motivasi datang dengan usaha kolektif. Jika Anda merasa mampu membayar, Anda juga bisa pergi ke konseling karir. (Ikr/Ahm)