Sukses

Harga Emas Turun Ditimpa Laporan Data Ekonomi AS

Tingkat pemberian tunjangan untuk pengangguran selama empat pekan ini jatuh ke level terendah dalam 15 tahun terakhir.

Liputan6.com, New York - Harga emas di divisi Comex New York Mercantile Exchange pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB) mengalami sedikit penurunan menyusul rendahnya tunjangan pengangguran di Amerika Serikat.

Data terbaru menunjukkan, tingkat pemberian tunjangan untuk pengangguran selama empat pekan ini jatuh ke level terendah dalam 15 tahun terakhir.
 
Melansir laman Xinhua, Jumat (22/5/2015), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni turun US$ 4,6 atau 0,38 persen ke harga US$ 1.204,1 per ounce.

Data tenaga kerja yang positif memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga yang akan dilakukan Bank Sentral AS (The Fed).

Suku bunga yang lebih tinggi akan melemahkan harga emas mengingat para investor akan lebih memilih aset yang memberikan bunga dibandingkan logam mulia tersebut.

Klaim tingkat pengangguran AS masih berada di level terendah sepanjang sejarah dan merupakan sinyal sehatnya penyerapan tenaga kerja di lapangan.

Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan, jumlah warga AS yang mengajukan tunjangan pengangguran untuk pertama kalinya meningkat tipis selama sepekan lalu sebesar 10 ribu menjadi 274 ribu orang.

Selama sepekan terakhir, rata-rata klaim pengangguran dalam sebulan menurun hingga 266.250, level terendah sejak 2.000. Sementara itu, harga perak untuk pengiriman Juli meningkat 0,11 persen menjadi US$ 17,132 per ounce.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini