Sukses

Citilink Bakal Terbangkan 44 Pesawat di 2015

Rencananya pada tahun ini, perusahaan akan menambah 9 pesawat yang terdiri dari 5 jenis Airbus A-320 dan 4 pesawat Boeing 737.

Liputan6.com, Belitung - PT Citilink Indonesia, anak perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, berencana menambah 9 pesawat di 2015 ini. Penambahan armada tersebut untuk meningkatkan frekuensi penerbangan karena tingginya permintaan.

President & CEO Citilink, Albert Burhan menjelaskan, pada 2014 lalu perseroan telah menerbangkan 36 pesawat. "Ada 32 pesawat Airbus A-320 dan 4 pesawat Boeing 737," jelas dia di Tanjungpandan, Bangka Belitung, Jumat (22/5/2015).

Rencananya pada tahun ini, perusahaan akan menambah 9 pesawat yang terdiri dari 5 jenis Airbus A-320 dan 4 pesawat Boeing 737.

Albert melanjutkan di tahun ini terdapat 1 pesawat Airbus A-320 yang habis masa sewanya sehingga tidak bisa digunakan lagi dan harus dikembalikan. "Dengan begitu maka jumlah pesawat yang kami operasikan sampai masa akhir tahun bisa 44 pesawat," tutur dia.

Sampai dengan Mei 2015 ini, sudah ada 3 pesawat Airbus yang telah diterima Citilink dengan periode pengiriman Februari, Maret dan April.

Sedangkan dua sisanya direncanakan bakal diterima pada Juni dan Agustus. Beberapa hari setelah diterima, Citilink langsung mengoperasikan pesawat-pesawat tersebut.

Khusus untuk pesawat Boeing, perusahaan memesannya untuk memenuhi aturan yang telah dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai pesawat cadangan.

Dalam aturan yang ada, dengan jumlah pesawat yang dimiliki oleh Citilink, maka perseroan harus menyiapkan 5 pesawat cadangan.

"Dalam aturan seharusnya kami menyiapkan 5 pesawat cadangan, tapi kami ada 8 pesawat, jadi yang 3 akan kami gunakan untuk memaksimalkan. Kemungkinan untuk rute-rute yang memang bandaranya sesuai dengan spesifikasi pesawat, kata Albert.

Untuk itu, Citilink akan menambah personel awak kabin dan personel pendukungnya. " Kami juga akan melakukan pelatihan kepada pilot-pilot agar bisa menggunakan pesawat tersebut," tambahnya.

Albert meneruskan, penambahan armada ini memang sesuai dengan permintaan pasar yang memang terus mengalami kenaikan. Terlihat dari kinerja perseroan yang juga terus mengalami pertumbuhan.

Jumlah penumpang Citilink tiga tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Terutama di kuartal I 2015 saat maskapai penerbangan mengalami masa paceklik tetapi Citilink bisa tumbuh.

Tahun 2012 Citilink menerbangkan 2,8 juta penumpang. Setahun kemudian meningkat menjadi 5,4 juta penumpang dan di akhir 2014 mampu menerbangkan 7,6 juta penumpang. Tahun 2015 menargetkan 11,2 juta penumpang.(Gdn/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.