Sukses

Pertamina Kecipratan Kelola 3 Blok Migas

Ketiga production sharing contract blok migas tersebut akan berlaku selama 30 tahun.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi mendapatkan pengelolaan tiga blok minyak dan gas bumi (migas), yaitu Blok Abar, Blok Anggursi, dan Blok Migas Non Konvensional (MNK) Sakakemang.

Direktur Hulu PT Pertamina Syamsu Alam mengatakan, perusahaan telah membentuk PHE Abar dan PHE Anggursi, dua perusahaan afiliasi dari Pertamina Hulu Energi, bertindak selaku operator dengan bagian (participating interest/PI) 100 persen pada dua blok migas, yaitu Blok Abar dan Blok Anggursi.

"Keduanya merupakan wilayah kerja migas offshore (tengah laut)," kata Syamsu di Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Sedangkan MNK Sakakemang, PHE Sakakemang memegang bagian sebesar 50 persen, bermitra dengan Bukit Energy Resources Sakakemang Deep Pte Ltd. yang bertindak selaku operator dengan participating interest 50 persen.

Ketiga production sharing contract tersebut akan berlaku selama 30 tahun. “Kami sangat bangga mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola blok-blok migas tersebut," ungkap dia.

Menurut Syamsu, dengan mengoperatori blok migas tersebut memberikan kesempatan kepada Pertamina untuk membuktikan kemampuan dan kapasitasnya terkait pengelolaan wilayah kerja lepas pantai yang sangat menantang.

"Kita tahu, sumber daya migas Indonesia di masa mendatang akan banyak bergantung pada wilayah kerja offshore yang lebih sulit dan menantang. Adapun, keterlibatan Pertamina di MNK Sakakemang juga menjadi milestone positif bagi perusahaan untuk terlibat lebih banyak dalam pengelolaan blok-blok migas non konvensional di Indonesia,” pungkas Syamsu.

Hingga kuartal I 2015, produksi minyak Pertamina mencapai 248,4 barel per hari (MBOPD) dan gas 1,63 standar kaki kubik per hari (BSCFD). Catatan kinerja tersebut cukup positif di tengah produksi migas nasional yang terus turun.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini