Sukses

Lewat Cokelat, Pria Ini Kirimkan Lamaran Kerja Termanis

Nick Begley menggunakan sebatang cokelat untuk menggambarkan berbagai kemampuan dan keahlian kerjanya.

Liputan6.com, New York - Tanpa gagasan kreatif dan inspiratif, tampaknya sulit bagi para pelamar kerja untuk mendapatkan pekerjaan impian dalam persaingan karir yang saat ini semakin ketat. Itu pula yang membuat seorang lulusan perguruan tinggi asal Amerika Serikat, Nick Begley menggunakan sebatang cokelat untuk menggambarkan berbagai kemampuan dan potensi kerjanya.

Begley menuliskan berbagai pengalaman kerja dan kemampuannya dalam kemasan sebatang cokelat. Di bagian depan kemasan cokelat tersebut dia menulis kemampuan kerjanya dapat memuaskan selera perusahaan.

Penuh percaya diri, Begley juga mengungkapkan dirinya sebagai profesional pemasaran dengan pelayanan karir utama. Uniknya, berbagai kadar nutrisi yang biasa tertuang di kemasan cokelat diganti dengan daftar pendidikan dan pengalaman kerjanya.

Seperti apa keunikan daftar keahlian kerja yang dituangkan Begley dalam kemasan cokelat? Berikut ulasannya seperti dilansir dari CNBC, The Telegraph, ABC News dan sejumlah sumber lain, Jumat (22/5/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

cokelat jadi modal cari kerja

Cokelat jadi modal cari kerja

Begley, pria 34 tahun pernah menggunakan sebatang cokelat sebagai modal mencari kerja. Tujuannya menggunakan kemasan cokelat sebagai media untuk menggambarkan keahlian kerja semata demi menarik perhatian para pemilik perusahaan.

Di bagian depan daftar riwayat hidup atau Curricullum Vitae (CV) cokelatnya tersebut, dia menulis `Resume Bar` yang baginya bermakna cokelat berisi resume mencari kerja. Dengan menggunakan tagline, bahwa karirnya bisa memuaskan selera perusahaan, Begley juga sibuk mempromosikan dirinya.

Aksi ini persis seperti bagaimana perusahaan cokelat berusaha menarik konsumen dengan menggambarkan manisnya cokelat tersebut. Dia juga mengganti bagian kalori cokelat dengan jenjang pendidikannya.

Sementara bagian vitamin diganti dengan 110 persen penuh etika kerja demi memperlihatkan kedisiplinannya saat bekerja. 100 persen komunikasi juga ditulis di kadar nutrisi kemasan cokelat tersebut.

3 dari 4 halaman

CV-nya mulai terkenal

CV-nya mulai terkenal

Begley menciptakan 12 cokelat lain setelah menyelesaikan kuliah S2-nya di jurusan bisnis University of Central Florida pada 2009. Dia terus berusaha mencari pekerjaan di New York melalui ide kreatifnya tersebut.

Resume cokelatnya tak begitu berhasil hingga akhirnya seorang teman mengunggah lamaran kerja uniknya di jejaring sosial, Reddit. Foto tersebut menerima lebih dari 3.000 komentar yang sebagian besar sangat tertarik dengan lamarannya.

Begley mengatakan, ada yang suka dan membenci CV pribadinya itu. Tak peduli komentar orang lain, tujuan dia hanya satu, mencari pekerjaan yang mau memanfaatkan keahliannya. Dia ingin menunjukkan bahwa dirinya seorang kreatif yang mampu melahirkan ide-ide baru untuk mengembangkan perusahaan.

4 dari 4 halaman

Diterima bekerja

 

Diterima bekerja

Begley akhirnya menemukan sebuah perusahaan yang siap mempekerjakannya, Orlando Magic. Perusahaan itu merekrutnya setelah melihat cokelat bertuliskan berbagai keahlian dan kemampuannya.

Langkah manis itu kembali membuahkan hasil saat Begley sukses diterima bekerja di sebuah perusahaan olahraga. Begley yang juga mengirimkan CV-nya bersama sepaket pizza mengaku dirinya harus menguras otak demi menarik perhatian perusahaan.

Begley kini bekerja di sebuah perusahaan e-commerce di Toronto, AS sebagai manajer pemasaran. Dia mengatakan, dirinya direkrut oleh seorang pengusaha yang pernah mengenalnya cukup baik.

 (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.