Sukses

Miliarder David Koch Donasikan Rp 2 Triliun untuk Pusat Kanker

Jumlah ini merupakan jumlah sumbangan terbesar yang pernah diberikan oleh Koch.

Liputan6.com, Jakarta - David Koch yang merupakan orang terkaya nomor 7 di dunia, memberikan komitmennya untuk membantu pembangunan rumah sakit kanker Memorial Sloan Kettering senilai $150 juta dolar  atau hampir setara dengan Rp 2 triliun (estimasi kurs Rp 13.000 per dolar AS). Sumbangan tersebut akan dipakai untuk membangun fasilitas rawat jalan rumah sakit yang berada di Upper East Side Manhattan, Amerika Serikat.

Mengutip Forbes, Minggu (24/5/2015), komitmen yang diberikan oleh Koch ini merupakan yang terbesar yang pernah diberi olehnya dan yang terbesar yang pernah diterima oleh Sloan Kettering. Namun memang, pihak rumah sakit tidak mengungkapkan dana tersebut akan diberikan secara langsung atau bertahap dalam beberapa tahun.

Koch bersama dengan kakaknya Charles yang merupakan konglomerat di bidang industri kimia, memang menjadi pendonor yang cukup dermawan bagi Sloan Kettering sejak lama. Di rumah sakit tersebut, ia memegang posisi dewan pemilik dan manager selama 25 tahun. Pemberian ini merupakan bagian dari janji Koch pada Sloan Kettering.

Berdasarkan keterangan pers yang diberikan oleh SLoan Kettering, dana ini akan digunakan oleh rumah sakit untuk menyediakan terapi terkini dan percobaan klinis untuk pasien. Pusat pengobatan atau penanganan kanker swasta ini juga menyediakan fasilitas rawat jalan yang melayani 4.700 pasien rata-rata tiap harinya. Angka tersebut diperkirakan meningkat 60 persen dalam satu dekade mendatang.

“Adalah harapan saya yang menggebu-gebu bagi pusat perawatan kanker ini untuk membuat perubahan bagi perawatan kanker di seluruh dunia, dengan penekanan di kebutuhan pasien dan keluarganya,” Ungkap Koch.

Hadiah dari Koch ini mengalahkan yang diberikan oleh donasi $100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun pada tahun lalu untuk Sloan Kettering oleh miliarder lain yaitu Henry Kravis. Sebelumnya, Henry memberikan donasi untuk membangun program presisi onkologi.

Pusat penanganan kanker seluas 70.000 meter persegi yang berseberangan dengan East River itu rencananya akan dibuka tahun 2019 nanti. Hadiah itu akan membawa pemberian seumur hidup Koch mencapai jumlah US $1,3 milyar atau setara dengan Rp 17 triliun menurut pernyataan pres dari Sloan Kettering. (Ikr/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini