Sukses

Bagaimana PNS Ideal di Pemerintahan Jokowi?

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi menilai masih ada sejumlah PNS yang sulit untuk menjalankan reformasi birokrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di era Pemerintahan Jokowi harus mampu menjalankan Nawa Cita yaitu mampu melakukan reformasi birokrasi. Ada sejumlah PNS yang tak mampu menjalankan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, alhasil diberhentikan atau dimutasi. Lalu bagaimana PNS yang ideal di mata Jokowi?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengungkapkan PNS yang ideal itu pada dasarnya harus memiliki integritas tinggi.
‎

"PNS yang berintegritas, terutama revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi ini. Beliau ingin jadi aparatur pemerintah itu yang jujur dan amanah, itu intinya‎," kata Yuddy di Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Saat ini, Yuddy menuturkan, banyak para pekerja instansi pemerintahan‎ yang masih sulit untuk mengikuti perintah Presiden Jokowi tersebut. Hal itu menjadi tanggung jawab Yuddy sebagai menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk memperbaikinya.

"Jadi kalau saya diberikan tugas, pastikan saya harus bagaimana caranya supaya cara berpikir mereka lebih baik, cara bertindak lebih baik, cara melayani masyarakat lebih baik, bekerjanya lebih baik, lebih profesional, jadi itu harus diperbaiki," kata Yuddy.

Untuk diketahui, guna meningkatkan kualitas PNS tersebut Yuddy mengambil‎ kebijakan untuk melakukan moratorium PNS. Dengan begitu maka saat ini tidak ada lagi seleksi CPNS secara terbuka.

Selain meningkatkan kualitas, moratorium tersebut dilakukan juga untuk merampingkan susunan organisasi kepemerintahan sehingga lebih efektif. Ini dikarenakan pembelanjaan pemerintahan baik di pusat dan daerah porsi terbesar masih untuk belanja kepegawaian. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PNS merupakan kependekan dari Pegawai Negeri Sipil.

    PNS

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi