Sukses

Harga Minyak Anjlok, BP Indonesia Kencangkan Ikat Pinggang

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan harga minyak dunia berdampak kepada bisnis British Petroleum (BP) Indonesia. Perusahaan harus menjalankan langkah efisiensi agar kinerja keuangan bisa dipertahankan.

Head Of Country BP Indonesia Dharmawan Samsu menjelaskan, penurunan harga minyak dunia sangat berdampak kepada pendapatan perseroan. Agar, penurunan pendapatan tak terlalu tinggi, perusahaan terpaksa melakukan efisiensi.

"Dalam kondisi seperti ini kami jalankan bisnis yang simple dan melakukan efisiensikan. Jadi pengetatan ikat pinggang," katanya seperti dikutip di Jakarta, Minggu (24/5/2015).

Dharmawan mengungkapkan, langkah efisiensi yang dilakukan adalah dengan hanya menjalankan kegiatan yang dianggap paling penting. "Kami manage cost supaya efisiensi bisa maksimal. Kami fokuskan untuk melakukan kegiatan yang tidak menguras banyak anggaran. Misalnya jika mau travel  jangan bolak balik. Jadi sesuai saja dengan kegiatan," paparnya.

Ia menambahkan, efisiensi juga dilakukan pada tenaga kerja. BP Indonesia mengatur penggunaan tenaga kerja sesuai dengan tugas yang dikerjakan. "Kami lakukan kontrak jadi tidak diperpanjang secara rutin. Kalo ada kegiatan dan kami butuhkan maka kami panggil," ungkapnya.

Pemangkasan kegiatan juga dilakukan pada penggunaan alat operasional, seperti tata cara parkir kapal, dengan begitu dapat menghemat bahan bakar.

"Simplifikasi saja. Memarkir boat tidak dengan cara menghidupkan hidup tapi kami lakukan dengan menggunakan set anchor. Dengan cara itu fuel bisa dihemat," tuturnya.

Menurut Dharmawan, meski melakukan efisiensi dan kondisi harga minyak mengalami penurunan, perusahaan minyak yang bermarkas di London Inggris tersebut tak melakukan penurunan target produksi yang telah tercantum dalam Rencana Kerja dan Anggaran (Work Plan and Budget/WP&B).

"Dengan kondusi seperti ini kami targetkan produksi WP&B awal, jadi cost turun tapi targetnya tetap," pungkasnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.