Sukses

Ajarkan Menabung, OJK Minta Bank Masuk ke Sekolah

OJK menjadikan hari Rabu pada minggu pertama setiap bulan sebagai hari menabung nasional‎.

Liputan6.com, Palangkaraya - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan oleh OJK adalah dengan memperkenalkan produk-produk lembaga keuangan dan juga layanan jasa keuangan kepada masyarakat sejak kecil.

Untuk mendorong hal tersebut, Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad pun memerintahkan kepada para industri perbankan untuk melakukan sosialisasi mengenai arti penting menabung di bank di sekolah-sekolah.

Dikatakan Muliaman, sambil mensosialisasikan layanan dan produk, bank bisa juga memperkenalkan fasilitas Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka pelaksanaan keuangan inklusif atau program Laku Pandai kepada para murid-murid.

"Bank-bank saya minta untuk melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, sambil kenalkan Laku Pandai ini ke murid-m‎urid, bisa juga ke guru-gurunya, kalau anak-anak punya tabungan di bank, nanti pasti orang tuanya mengikuti," kata Muliaman di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (25/5/2015).

Laku Pandai dipandang OJK cocok bagi masyarakat yang berada di daerah pelosok yang belum ada kantor cabang bank. Mengingat layanan Laku Pandai ini tidak ada potongan administrasi saldo tabungan maka ini cocok juga untuk para pelajar.

Muliaman juga mengaku telah menjadikan hari Rabu pada minggu pertama setiap bulan sebagai hari menabung nasional‎. Itu dilakukan dalam rangka mensosialisasikan arti penting menabung di bank.

"Saya ingin Pak Gubernur dan Pak Bupati, mari kita dorong anak-anak didik kita untuk menabung, mari kita upayakan hari Rabu minggu pertama awal bulan untuk menabung, Rabu itu karena singkatan dari Rajin Menabung," terangnya.

Seperti diketahui, OJK telah meluncurkan Program Laku Pandai di beberapa wilayah di Indonesia. Pada kesempatan kali ini giliran Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadi lokasi pengenalan layanan keuangan tanpa kantor ini.

Nantinya dengan Laku Pandai ini masyarakat dapat menikmati fasilitas layanan keuangan seperti menabung, tarik tunai, setor tunai dan mengambil dari ATM melalui Kartu Laku Pandai.

Untuk wilayah Kalimantang Tengah kali ini OJK meresmikan Laku Pandai yang diselenggarakan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai agennya. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini