Sukses

Keluarga Ini Kompak Jajal Peruntungan di Bisnis Online

Bahkan, seusai mereguk untung dari bisnis online melalui Bukalapak, kini Indra Mulia Nasution melibatkan istri dan anaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Prinsip transaksi online yang memberikan kemudahan bagi siapa saja menjadi pelapak untuk menjual berbagai jenis produk dengan modal tidak terlalu besar serta harga produk yang kompetitif benar-benar dirasakan Indra Mulia Nasution.

Bahkan, seusai mereguk untung dari bisnis online, kini Indra ikut melibatkan istri dan anak untuk mengikuti jejaknya. “Prinsip saya seperti orang yang mengembangkan multi level marketing. Semakin banyak jaring yang kita tebar untuk memasarkan produk yang sama, tentu hasilnya akan lebih besar,” ujar dia, Senin (25/5/2015).

Memang sejak 26 Februari 2014, Indra membuka toko online ‘The Largest Fashion Store’ di Bukalapak. Dua bulan kemudian, 12 April 2014, istrinya, Yuliani Purwaningsih, juga membuka toko online ‘Toko Fashion Online’ di market place yang sama.

Terakhir, anaknya, Annisa Mulia Dini Nasution yang baru duduk di Kelas 2 SMP, juga membuka toko online “The Kidz Zone’ di Bukalapak sejak 13 Oktober 2014.

Jadilah keluarga kecil ini menjalankan bisnis online secara bersama-sama dan saling bahu-membahu dengan pusat kegiatan di rumah mereka di Bandung, Jawa Barat.

Hasilnya telah mereka rasakan meski baru satu tahun bergabung di Bukalapak. Dengan penghasilan gabungan rata-rata Rp 11-12 juta per bulan, sang suami sudah masuk kategori pedagang besar dengan 157 feedback, sang istri juga termasuk pedagang besar dengan 270 feedback. Sedangkan sang anak yang baru tahap belajar, tergolong pedagang dengan 11 feedback.

Pada usahanya, mereka fokus menjual produk-produk fashion asli produksi dalam negeri dan telah melayani pelanggan dari berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Bagi kami penghasilan itu termasuk besar. Dan itu, memicu kami untuk terus mengembangkan toko online yang kami miliki. Baik dari ketersediaan dan variasi produk, layanan hingga respon cepat kepada pembeli,” ujarnya.

Tekad Indra ini bukan muncul begitu saja. Pengalamannya bersama istri mengelola toko online sejak Mei 2010, membuat mereka cukup terasah dan mengetahui strategi-strategi khusus untuk membesarkan dan menumbuhkan kepercayaan di hati para pembeli sehingga terjadi transaksi berkelanjutan alias repeat order.

Tak hanya fokus di satu toko online, seperti diakui Yuliani, banyak market place yang telah mereka coba. Bahkan, sebelumnya di sekitar tahun 2012, mereka telah membuat situs ‘Toko Fashion Bandung’ yang mencoba melayani pembelian secara online.

Namun dari banyak yang telah mereka coba, tetap saja ada rasa was-was, terutama berkaitan dengan pembayaran barang yang telah dikirim.

“Tak jarang kami menerima pembayaran cukup lama. Kondisi ini yang membuat kami kesulitan modal untuk berkembang karena dananya masih tertahan,” kata dia.

Hingga akhirnya, mereka mengenal situs online Bukalapak dari seorang rekan. Setelah mempelajari lebih lanjut tentang situs ini terutama karena ada jaminan keamanan pembayaran, mereka pun bersedia bergabung.

Meskipun fokus menjual produk fashion yang sama mulai dari kemeja, kaos, tas, sepatu, topi, jaket hingga aksesoris pendukung, namun Indra bersama istri telah membagi kategori produk yang mereka jual.

“Untuk saya dan istri, membidik segmen usia 13 hingga 40 tahun. Sedangkan untuk produk yang dijual anak membidik segmen 0 hingga 13 tahun. Strategi ini terbilang efektif menjaring pembeli,” ujar Indra.

Terkait keterlibatan sang anak yang baru berusia sekitar 14 tahun, Yuliani menegaskan bahwa  itu semata-mata agar si anak belajar mandiri dan memiliki tanggung jawab terhadap apa yang dimilikinya. Toh, dari hasil jualan, diterapkan sistem bagi hasil. Buat anak 70 persen, dan buat orang tua 30 persen.

“Dari 70 persen itu, sepenuhnya saya serahkan kepada Annisa, baik untuk ditabung, keperluan sekolah maupun keperluan dia sendiri. Saya memberikan kebebasan kepadanya,” ujarnya.

Kepercayaan inilah yang membuat Annisa nyaman dan menikmati jualan online di Bukalapak. Apalagi, keasyikan berjualan online ini tak lantas membuat sekolahnya berantakan.

Adanya keterikatan dan tekad yang sama membesarkan toko online fashion ini, membuat Indra  dan istri bertekad akan memperbanyak produk dan variasinya. Tak hanya produk fashion, mereka juga mulai menambah koleksi untuk produk-produk para penghobi touring dan bikers. Bahkan, mereka juga akan segera merealisasikan membuat produk dengan merek tersendiri. (Nrm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.