Sukses

Jokowi Siap Bangun Pelabuhan Raksasa di Sorong

Potensi Indonesia ‎Timur dari sisi perdagangan dan investasi sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap membangun pelabuhan besar di kawasan Indonesia Timur, tepatnya di Sorong, Papua. Pelabuhan ini akan berdiri di atas lahan seluas 7.000 hektare (ha) menyusul dilakukannya peletakan batu pertama (groundbreaking) pelabuhan dan zona industri di Makassar.

Jokowi dalam sambutannya pada acara Trade & Investment Forum: East  mengungkapkan, potensi Indonesia ‎Timur dari sisi perdagangan dan investasi sangat besar. Namun daerah tersebut membutuhkan pembangunan infrastruktur pendukung.

"Yang kita butuhkan infrastruktur, tidak ada yang lain. Makanya hari Jumat lalu, kita sudah mulai groundbreaking pelabuhan Makassar dan zona industri dengan luas 2.000 ha," kata dia di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Lebih jauh Jokowi menjelaskan, pemerintah akan mulai membangun pelabuhan besar di Sorong. Katanya, ini bukan pelabuhan lama, tapi pelabuhan anyar yang lokasinya sekira 30 Kilometer (Km) dari pelabuhan lama.

"Pelabuhan besar di Sorong itu luasnya 7.000 ha. Nanti di dalamnya akan ada pelabuhan, power plant (pembangkit listrik) dan kawasan industri. Dengan cara inilah Indonesia Timur akan berkembang dengan cepat dan lebih baik," tegas dia.

Selain itu, Jokowi mengaku, pemerintah juga akan membangun dan mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara (Sumut), Tanjung Priok dan Tanjung Perak, dan pelabuhan Makassar.

"Itu standarnya sama, jadi kapal besar bisa merapat semua," ucap mantan Walikota Solo itu. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini