Sukses

3 Maskapai Kantongi Izin Tambah Penerbangan Lebaran

Kemenhub telah mengatur pengajuan atau permohonan tambahan penerbangan maksimal tiga hari sebelum terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan telah mengeluarkan izin kepada tiga maskapai untuk tambahan penerbangan dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang musim mudik lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo mengatakan, Kemenhub telah mengatur pengajuan atau permohonan tambahan penerbangan (extra flight) maksimal tiga hari sebelum terbang.

"Yang sudah menyampaikan extra flight Sriwijaya Air sebanyak 15 flight, Citilink 13 flight, dan Nam Air 2 flight tambahan. Jadi baru ada 30 extra flight dan ini sudah kita setujui semua," tutur dia di kantornya, Jakarta, Rabu (26/5/2015).

Katanya, masih banyak maskapai penerbangan yang belum mengajukan penerbangan tambahan untuk menghadapi lebaran 2015, diantaranya operator besar seperti PT Garuda Indonesia Tbk dan Lion Air.

"Kalau sudah penuh slot-nya, ya enggak dapat slot lagi karena kita sudah berbasis online. Jika enggak dapat, geser ke jam berikutnya," ucap Suprasetyo.

Sementara penambahan kapasitas juga diminta oleh maskapai Singapore Airlines (SQ), Jet Star dan Qantas dengan tujuan Singapura. Tambahan penerbangan ini diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang angkutan udara pada lebaran tahun ini akan mencapai 4,2 juta penumpang atau naik 2,8 persen dari realisasi tahun lalu.

"Penumpang diperkirakan 4,2 juta orang, tapi kami menyediakan kursi penerbangan sampai 4,9 juta untuk tujuan domestik. Tapi kalau internasional disediakan 1,1 juta kursi," ujar Suprasetyo.

Rute domestik tujuan mudik penumpang, kata Suprasetyo antara lain, Jakarta-Solo, Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Malang, Jakarta-Pangkalpinang, Jakarta-Padang, Jakarta Kualanamu, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Pontianak, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Batam, Jakarta-Pekanbaru.

Selain itu, ada pula rute Batam-Jambi, Banjarmasin-Surabaya, Balikpapan-Surabaya, Denpasar-Surabaya, Padang-Medan serta Ujung Pandang-Surabaya. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini