Sukses

Daftar 10 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Para wanita ini dinilai berhasil mendobrak dunia lewat perannya di bidang politik, bisnis, media, amal, sosial bahkan hiburan.

Liputan6.com, New York - Majalah ekonomi Forbes baru saja merilis 100 daftar wanita paling berpengaruh di dunia atau The World's Most Powerful Women 2015. Tak hanya dari kalangan pejabat, daftar ini juga diisi oleh para politisi, CEO, aktivis, miliarder, hingga selebriti.

Para wanita ini dinilai berhasil mendobrak dunia lewat perannya di delapan bidang mulai dari dunia politik, bisnis, keuangan, media, amal, bahkan dunia hiburan.

Kanselir Jerman, Angela Merkel masih belum bergeser dari posisinya sebagai wanita paling berpengaruh nomor 1 di dunia versi Forbes. Merkel tercatat sudah sepuluh kali berada di posisi nomor wahid.

Tak hanya Merkel, sejumlah nama yang menjadi langganan daftar ini yaitu Melinda Gates, Christine Lagarde, Hillary Clinton, dan tentu saja Oprah Winfrey dan Ratu Inggris Elizabeth II.

Para wanita yang masuk daftar paling berpengaruh di dunia  tentu saja menjadi idola di media sosial dengan ratusan juta follower atau fans. Nama mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani juga kembali masuk dalam daftar ini.

Meski belum masuk 10 besar, peringkat wanita yang kini menjabat sebagai sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga naik menjadi 31, dari tahun lalu di posisi 38. Wanita kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962 itu merupakan satu-satunya wanita Indonesia yang masuk dalam daftar prestisius tersebut.

Lengkapnya, berikut 10 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes, Rabu (27/5/2014):

 1. Angela Merkel

Kanselir Jerman

Angela Merkel adalah kanselir perempuan pertama Jerman.  Pada 18 Desember 2013, ia terpilih kembali sebagai Kanselir  untuk masa jabatan ketiga, dan menjadi kanselir Jerman satu-satunya yang meraih masa jabatan ketiga.

2. Hillary Clinton

Mantan Menteri Luar Negeri AS

Dia adalah wanita pertama AS yang menjadi seorang senator AS, lalu berbalik haluan menjadi calon presiden dan beralih profesi sebagai sekretaris negara.

Gerak-gerik istri dari Mantan Presiden AS Bill Clinton ini selalu menjadi perhatian warga dunia. Terbukti sejak 2004, namanya selalu masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia. Hillary  menjadi calon presiden dari Partai Demokrat pada 2016, dan mungkin menjadi presiden wanita pertama AS.

3. Melinda Gates

Dermawan, AS

Melinda bersama suaminya Bill Gates mendirikan yayasan khusus untuk kegiatan amal bernama  'Bill and Melinda Gates Foundation' pada tahun 1998. Sekitar  US$ 3,9 miliar telah dikucurkan sepanjang 2014.

Kini, lembaga amal tersebut menjadi yayasan amal swasta terbesar di dunia. 'Bill and Melinda Gates Foundation' fokus pada bidang  pendidikan, energi, pembangunan, kesehatan, pengentasan  kemiskinan, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

Sejak lembaga itu berdiri, sekitar lebih dari US$ 33 miliar telah dikucurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Janet Yellen

Gubernur Bank Sentral AS

Yellen adalah wanita pertama yang memimpin Bank Sentral yang paling berpengaruh di dunia. Yellen berperan besar dalam pengaturan strategi keuangan dan  menekan tingkat pengangguran di AS.

Dia juga pernah mengajar di Harvard University, London School of Economics  dan University of California, Berkeley

5. Mary Barra

CEO General Motors, AS

Barra memimpin General Motors sejak Januari 2014. Wanita kelahiran 24 Desember 1961 ini merupakan CEO perempuan pertama yang memimpin salah satu produsen mobil terbesar dunia tersebut. 

6. Christine Lagarde

Managing Director International Monetary Fund (IMF), Prancis

Lagarde adalah wanita pertama yang memimpin lembaga keuangan beranggotakan 188 negara. Dalam tiga tahun pertamanya, Lagarde banyak menghabiskan waktu untuk mengatasi krisis di sejumlah negara.

Saat ini Lagarde memproyeksikan pertumbuhan global tahunan sekitar 3,5 persen, turun dari 4 persen pada tahun 2011. 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

7. Dilma Rousseff

Presiden Brasil

Rousseff dikenal sebagai salah satu kepala negara yang paling kuat di  dunia. Dia memimpin negara dengan ekonomi terbesar ketujuh dunia dan berjuang mengakhiri kemiskinan di negara itu.

8. Sheryl Sandberg

Chief Operating Officer (COO) Facebook, Amerika Serikat.

Sandberg tahu bagaimana cara menarik perhatian. Melalui buku terlarisnya berjudul 'Lean In' berhasil mencuri banyak hati pembaca. Mantan petinggi Google ini, dirayu pendiri Facebook Mark Zuckerberg bergabung ke Facebook dan menjadi COO dari raksasa media sosial tersebut.

9. Susan Wojcicki

CEO Youtube

Wojcicki mulai memimpin Youtube sejak  Februari 2014. Youtube merupakan platform video terbesar di dunia.

10. Michelle Obama

Istri Presiden AS Barrack Obama

Lulusan Harvard dan mantan pengacara sebuah perusahaan ini sangat aktif menggunakan gelarnya sebagai ibu negara untuk memerangi obesitas dan mempromosikan makanan dan gaya hidup sehat.

(Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini