Sukses

Begini Usul Jokowi Agar Harga Cabai Terkendali

Presiden Joko Widodo mengatakan, pengendalian harga cabai membutuhkan komitmen para pemimpin daerah untuk menjaga pasokan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai merah mengalami kenaikan beberapa hari ini. Ini bukan menjadi hal asing, mengingat jelang memasuki bulan Ramadhan beberapa harga komoditas termasuk cabai merah‎ selalu naik.

Menanggapi hal itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bukan hal sulit untuk mencegah adanya kenaikan harga signifikan setiap tahunnya.

"‎Sekarang itu baru 3 hari lalu, memang yang naik itu harga cabai, itu sebetulnya perkara mudah," kata Jokowi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Hanya saja pengendalian harga cabai tersebut akan dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya membutuhkan komitmen para pemangku daerah untuk konsisten menjaga pasokan.

Adapun untuk terus menjaga pasokan tersebut, Jokowi juga meminta kepada para kepala daerah untuk melakukan gerakan penanaman cabai di masing-masing wilayahnya.

"‎Kalau semua daerah, kabupaten kota, provinsi menggerakkan menanam cabai, pasti harga akan dapat dikendalikan, karena sangat mudah menanam cabai itu," ujar Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga pernah mengimbau kepada para kepala daerah untuk mengalokasikan anggaran operasi pasar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Meski pemerintah pusat saat ini dapat melakukan operasi pasar melalui Perum Bulog, namun peran serta aktif pemerintah daerah‎ untuk mengendalikan harga komoditas menjadi hal sangat penting, terutama untuk komoditas selain beras. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini