Sukses

Jokowi Bagi-bagi Sepeda Gratis di‎ Manado

Lima sepeda sudah disediakan Jokowi bagi masyarakat Minahasa Utara yang diparkir di halaman tengah puskesmas Talawaan, Minahasa Utara.

Liputan6.com, Manado - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membagikan kartu sakti yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Manado, Sumatra Utara, Kamis (28/5/2015). Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga membagikan beberapa sepeda.

Dalam acara yang dilakukan di Puskesmas Talawaan, Minahasa Utara tersebut, Jokowi berpesan kepada para warga yang menerima kartu sakti untuk tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan fungsinya. "Jangan dipakai untuk beli pulsa, kalau ada yang pakai untuk beli pulsa, kartu akan ditarik, jadi hati-hati," kata Jokowi di Minahasa Utara, Kamis (28/5/2015).

Usai dirinya membagikan setiap kartu, Jokowi terlihat menawarkan kepada para perwakilan penerima kartu untuk mendapatkan sepeda. "Siapa yang mau sepeda, saya beri pertanyaan sulit, harus bisa jawab," tanya Jokowi.

Nampak lima sepeda sudah disediakan Jokowi bagi masyarakat Minahasa Utara yang diparkir di halaman tengah puskesmas. Saat Jokowi mengajukan pertanyaan, ada beberapa anak penerima KIP yang mengangkat tangannya. Lalu Jokowi pun memilih salah satu yang paling cepat mengangkat tangan.

Bagi siswa yang ditunjuk, Jokowi meminta untuk menyebutkan lima provinsi di Indonesia. Dengan sedikit berpikir dan grogi, siswa SMA tersebut akhirnya berhasil menjawab pertanyaan orang nomor 1 di Indonesia tersebut. "Ya sudah, silahkan pilih saja sepedanya, langsung dibawa," kata Jokowi.

Hal serupa juga dilakukannya setelah pembagian KKS dan KIS. Sementara dua sisa sepedanya Jokowi menunjuk beberapa warga yang berkerumun di puskesmas. Akhirnya dua sepeda terahir dimiliki oleh seorang ibu-ibu dan nenek-nenek yang keduanya berhasil juga menjawab pertanyaan Jokowi.

‎Dalam kunjungan ke Minahasa tersebut, Jokowi menyalurkan langsung setidaknya 2.419 kartu sakti terdiri dari 449 KKS, 456 KIP, dan 1.514 KIS. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini