Sukses

Sinergi 3 BUMN Jaga Ketahanan Energi Nasional

Sinergi Pertamina, Pelindo II, dan ASDP Ferry dapat berkontribusi bagi pembangunan infrastruktur bahan bakar minyak (BBM).

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) guna mendukung program tol laut dan ketahanan energi nasional. Kesepakatan kerja sama itu dilakukan PT Pertamina (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), dan PT ASDP Ferry (Persero) untuk mendukung program tol laut dan ketahanan energi nasional.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, kerja sama Pertamina dengan Pelindo II terkait investasi pembangunan, pengembangan dan pengoperasian terminal BBM serta penyediaan pasokan BBM khususnya di Pelabuhan New Priok, Kalibaru.

"Terminal BBM yang akan dibangun pada tahap awal direncanakan berkapasitas 500 ribu Kilo liter," kata Dwi, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Dwi menambahkan, kerja sama dengan ASDP Ferry dalam bentuk penyediaan BBM dan pelumas untuk kapal ferry yang beroperasi di seluruh wilayah operasional ASDM Indonesia.

"Kami menyambut dengan sangat antusias sinergi antar BUMN ini, Pelindo II dan ASDP dapat dikatakan sebagi BUMN garda terdepan untuk penciptaan interkoneksi nusantara, sesuai dengan program pemerintah," kata Dwi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang menyaksikan kesepakatan tersebut mengungkapkan, selain untuk mencetak keuntungan BUMN juga kepanjangan tangan pemerintah untuk menggenjot pembangunan.

Sinergi antara Pertamina, Pelindo II dan ASDP model kerja sama di antara BUMN dapat berkontribusi bagi pembangunan khususnya infrastruktur BBM yang akan mendukung ketahanan energi nasional. "Dengan sinergi ini akan menjadikan tugas Pertamina lebih mudah dibanding disediakan sendiri," kata Rini. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini