Sukses

10 Merek Paling Berharga di Dunia

Perusahaan database valuasi merek terbesar di dunia, BrandZ baru saja merilis jajaran merek-merek paling berharga dari berbagai negara.

Liputan6.com, New York - Perusahaan database valuasi merek terbesar di dunia, BrandZ baru saja merilis jajaran merek paling berharga di dunia untuk kesepuluh kalinya. Masih seperti tahun lalu, Apple kembali didaulat sebagai merek paling berharga di dunia.

Melansir laman CNN Money, Kamis (28/5/2015), dengan kenaikkan valuasi 67 persen hingga US$ 247 miliar, Apple kembali memimpin dan mengalahkan Google. Dalam laporan bertajuk Top 100 Most Valuable Global Brands kesukesan iPhone6 menjadi salah satu pendorong terkenalnya merek Apple.

BrandZ menghitung valuasi berbagai merek dengan menggunakan kedalaman data finansial dan berbagai wawancara terhadap tiga juta konsumen dari seluruh penjuru dunia. Hasilnya, berikut 10 merek paling berharga di dunia:

1. Apple

Nilai merek: US$ 247 miliar

Apple telah melampaui Google sejak 2014 dan menjadi merek paling berharga di dunia. Merek Apple secara value telah meningkat hingga 67 persen dalam setahun mengingat perusahaan tersebut telah meningkatkan berbagai produknya secara global.

2. Google

Nilai merek: US$ 174 miliar

Nilai merek Google tercatat naik sembilan persen menjadi US$ 174 miliar. Sejauh ini, Google melakukan performa yang baik di pasar. Hanya saja, Apple mampu menunjukkan performa yang jauh lebih baik. Meski begitu, Google masih mendominasi pasar pencarian online di dunia dan terus menjadi salah satu perusahaan terbaik secara global.

3. Microsoft

Nilai merek: US$ 116 miliar

Microsoft telah lama menggunakan software Windows sebagai alat pencetak uang. Tapi semua berubah setelah CEO Satya Nadella memegang kendali. Perusahaan menawarkan Windows 10 yang baru sebagai upgrade gratis bagi para pengguna Windows 7 dan 8.1. Langkah ini membuat berbagai produk Microsoft lebih mudah didapat.

4. IBM

Nilai merek: US$ 94 miliar

Nilai merek IBM tercatat menurun 13 persen sejak tahun lalu dan membuatnya berada di peringkat ke-4. Menurunnya tingkat keuntungan perusahaan juga menekan valuasi secara keseluruhan. CEO IBM ginni Rometty mengaku kecewa dengan kinerja perusahaan tahun ini.

5. Visa

Nilai merek: US$ 92 miliar

Visa melompat dua peringkat menjadi merek paling berharga kelima di dunia setelah pendapatannya meningkat dengan laju pertumbuhan yang sehat. Peningkatan valuasi merek perusahaan kartu kredit itu sangat mengesankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. AT&T

6. AT&T

Nilai merek: US$ 89 miliar

Dua perusahaan telekomunikasi AS AT&T dan Verizon menikmati tahun yang indah. Nilai mereknya naik hingga 15 persen mencapai US$ 89 miliar dan mendorongnya menduduki peringkat ke-6 tahun ini.

7. Verizon

Nilai merek: US$ 86 miliar

Verizon memiliki berbagai rencana untuk mendominasi masa depan untuk berbagai konten mulai dari stasiun TV hingga publikasi melalui internet. Itulah mengapa perusahaan tersebut baru-baru ini mengumumkan kesepakatan membeli AOL senilai US$ 4,4 miliar. Tujuannya untuk menciptakan pemain baru yang besar di dunia bisnis media digital.

8. Coca-Cola

Nilai merek: US$ 84 miliar

Merek Coca-Cola selalu menduduki jajaran 10 besar merek berharga dunia dalam 10 tahun tearkhir. Meski tahun lalu, valuasi mereknya hanya meningkat empat persen tahun ini. Tak heran, peringkatnya jatuh dua peringkat.

9. McDonald's

Nilai merek: US$ 81 miliar

Merek McDonald's telah menderita selama setahun dengan valuasi yang berkurang lima persen hingga US$ 81 miliar. Merek tersebut kini menduduki peringkat ke-9, turun lima peringkat dari urutan ke-5 pada 2014.

10. Marlboro

Nilai merek: US$ 80 miliar

Mungkin cukup mengejutkan melihat Marlboro berhasil memasuki peringkat 10 besar merek paling ternama di dunia. Faktanya valuasi merek Marlboro telah meningkat 19 persen sepanjang tahun ini. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini