Sukses

Bos Ini Cuma Mau Tanam Modal Jika Pendiri Perusahaan Wanita

Tak ada wanita, tak ada kesepakatan bisnis. Itulah sumpah yang pernah diucapkan pengusaha sekaligus investor Jonathan Sposato.

Liputan6.com, New York - Tak ada wanita, tak ada kesepakatan bisnis. Itulah sumpah yang pernah diucapkan pengusaha sekaligus investor Jonathan Sposato. Pria yang tinggal di Seattle, Amerika Serikat (AS), ini berjanji hanya akan membenamkan modal pada perusahaan yang setidaknya memiliki satu wanita sebagai bagian dari tim pendirinya.

"Saya tak akan berinvestasi kecuali salah satu pendiri perusahaan itu adalah wanita. Saya tak akan pernah mengiyakan untuk berinvestasi di perusahaan tersebut," kata Sposato seperti melansir laman CNN Money, Jumat (29/5/2015).

Sposato dikenal sebagai pengusaha sukses yang telah menjual dua perusahaan pada Google yaitu perusahaan widget Phatbits pada 2005 dan perusahaan photo-editing Picnik pada 2010. Dia juga mendirikan situs teknologi Geekwire, perusahaan photo-editing PicMonkey dan memimpin investasi di 10 perusahaan baru termasuk Pokitdok.

Pokitdok merupakan perusahaan jasa kesehatan online yang didirikan Lisa Maki.

Sposato menerangkan, terdapat sekitar 100 perusahaan baru per tahun mencari pendanaan. Dan sebagian besar dari perusahaan tersebut tidak melibatkan wanita sebagai tim pendirinya.

"Hal ini menunjukkan perbedaan yang besar untuk gender dalam membangun sebuah perusahaan," katanya.

Menurut Sposato, para pengusaha pria dapat membantu mengubah hal tersebut. Dia mengatakan, setiap orang mampu mengubah keseimbangan dan cara berpikir pengusaha saat memulai perusahaannya.

Tujuan dia bersumpah seperti itu adalah demi menginspirasi lebih banyak pebisnis wanita untuk berani meluncurkan bisnisnya. Dia ingin menemukan pebisnis wanita sama mudahnya dengan pengusaha pria.

Menurutnya, banyak pengusaha wanita merasa kesulitan mencari dana usaha di Sillicon Valley. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

Video Terkini