Sukses

Jokowi Injakkan Kaki di Sangihe

Kabupaten Kepulauan Sangihe‎ merupakan wilayah kepulauan di wilayah Indonesia bagian utara yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Liputan6.com, Sangihe - Kabupaten Kepulauan Sangihe‎ merupakan salah satu wilayah kepulauan di wilayah Indonesia bagian utara yang berbatasan langsung dengan Filipina. Kabupaten yang masuk dalam provinsi Sulawesi Utara ini‎ memiliki luas wilayah 1.012 kilometer persegi ini memiliki jumlah penduduk sekitar 130 juta jiwa. Presiden RI Joko Widodo, Kamis (28/5/2015) mengunjungi kota tersebut.

Dari pantauan Liputan6.com, sejumlah warga terlihat antusias menyambut kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu. Ratusan umbul-umbul pun menghiasi sepanjang jalan dari mulai Bandara Naha‎ hingga ibu kota kabupaten Tahuna yang menjadi lokasi kunjungan Jokowi selain pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) di kecamatan Tabukan Utara.

Tak hanya itu, hiasan tangan yang terbuat dari janur pun juga menghiasi sepanjang jalan tersebut. "Ini warga ngerjain ini dari kemarin, saya lewat sini pagi-pagi, warga masih saja ngerjain hiasan dari janur itu," kata salah satu warga Kepulauan Sangihe, Jonathan Antarani, Kamis (28/5/2015‎).

Antusiasme warga tersebut bukan tanpa alasan, mengapa? Warga Kabupaten Sangihe dikatakan Jonathan sudah sangat rindu dengan kehadiran pemimpin negara ke wilayah tersebut. Tidak heran, kedatangan Presiden RI Joko Widodo menjadi kedatangan kepala negara ke-3 setelah era Presiden Soeharto di zaman orde baru.

"Pertama Pak Soekarno tahun 1965, kemudian Pak Harto tahun 1976, baru sekarang 2015 Pak Jokowi hadir, jadi sudah 40 tahunan," tegasnya.

Sebenarnya di era presiden Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono pernah ada rencana kedua pemimpin negara tersebut mengunjungi wilayah itu. Hanya saja selalu batal, dan hal itu dikatakan Jonathan yang membuat‎ warga Kepulauan Sangihe sedikit kecewa.

Saat Jokwoi tiba di Kota Tahuna, nampak sudah disambut oleh regu marching band dari anak-anak sekolah. Saking antusiasnya, para warga rela berlari-lari hingga jarak 2 kilometer untuk mengikuti iring-iringan mobil Jokowi hingga ke sebuah dermaga di kota tersebut.

Jokowi kemudian menyempatkan turun yang ke sekian kalinya di tepian dermaga terebut untuk melihat suasana kota Tahuna dan berbincang dengan beberapa warga.

Tak lebih dari 1 jam, Jokowi langsung kembali ke Bandara Naha untuk menuju tempat penginapannya di Hotel Sintesa Peninsula, Manado. Sekitar pukul 18.30 WIB Presiden Jokowi lepas landas dengan menggunakan pesawat TNI AU CN-295. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.