Sukses

Otoritas Bursa Yakin 32 Emiten Baru Tercatat di Pasar Modal

Direktur Utama BEI, Ito Warsito mengatakan, perlambatan ekonomi di kuartal I 2015 tidak menjadi kendala bagi perusahaan tawarkan saham.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan optimistis jika target 32 emiten yang mencatatkan saham perdana bakal tercapai hingga akhir 2015. Meski baru lima emiten yang tercatat di pasar modal hingga akhir Mei 2015.

Direktur Utama BEI Ito Warsito menuturkan, banyak emiten yang ramai mencatatkan saham pada akhir Juni sampai awal Juli 2015. Hal itu lantaran melihat pemakaian laporan keuangan untuk mencatatkan saham perdana di pasar modal Indonesia.

"Perusahaan pakai buku Desember memilih IPO sampai sampai 10 Juli, artinya banyak perusahaan listing bulan depan," kata dia di Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Ito menilai, perlambatan ekonomi pada kuartal I 2015 bukan kendala perusahaan untuk mencatatkan namanya di papan BEI. Dia menilai, lesunya ekonomi hanya dampak perekonomian pada 2014. Meski begitu, dia bilang tren pasar modal terus menunjukan perbaikan.

"Ekonomi lesu sejarah saja, kuartal I 2015 itu sebagian dampak tahun 2014. Kalau dilihat di pasar modal semester I, penerbitan saham baru lewat right issue dan IPO akan melampaui tahun lalu, semester I akan melampaui angka setahun 2014," ujar dia.

Selain itu, Ito memperkirakan, penawaran obligasi dapat mencapai Rp 46 triliun pada 2015.  Dia menegaskan, dengan membaiknya pasar modal akan membawa perbaikan dalam perekonomian Tanah Air. "Ke depan pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi 2014," kata dia.

Untuk diketahui, emiten-emiten yang mencatatkan saham perdana antara lain PT Puradelta Lestari Tbk, PT PP Properti Tbk,  PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, dan PT Bank Yudha Bakti Tbk. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Listing Saham

Video Terkini