Sukses

Menengok Fasilitas Canggih Pesawat Barack Obama

Ditandai bendera Amerika Serikat dan tulisan United States of America, Air Force One menjadi pesawat kepresidenan paling terkenal di dunia.

Liputan6.com, Washington - Dengan tanda bendera Amerika Serikat (AS) di ekornya dan tulisan United States of America, pesawat kepresiden AS, Air Force One menjadi pesawat paling mentereng di dunia. Fitur-fitur canggih disematkan pada Air Force One ini tak hanya memberikan kenyamanan namun juga keamanan kepada presiden Amerika Serikat Barack Obama saat bepergian.

Melansir laman Business Insider, Jumat (29/5/2015), pesawat tersebut memiliki tinggi setara dengan bangunan enam lantai dan memamerkan kegagahannya kemanapun pesawat tersebut terbang.

Pesawat paling populer di dunia milik Amerika Serikat (Foto: Business Insider)

Di pesawat Boeing 747-200B ini, Barack Obama memiliki ruang kantor yang luas, termasuk di dalamnya adalah ruang konferensi, ruang makan dan tempat pribadi bagi presiden, staf senior presiden. Tak tanggung-tanggung, selain menyediakan kantor, pesawat tersebut juga menyediakan  ruang kesehatan.

Bagi para wartawan yang ikut dalam rombongan, Air Force One juga dilengkapi dengan ruang bagi media, dua tempat persediaan makanan yang dapat menyajikan 100 makanan dan radio multifrequency bagi komunikasi antar udara atau antar udara dan darat.

Pesawat Air Force One untuk Obama ini merupakan armada paling mahal untuk dioperasikan dengan pembayaran pajak mencapai US$ 206 ribu setiap jam penerbangannya. Lebih detil, pesawat tersebut memiliki panjang 232 kaki, sayap selebar 195 kaki dan ketinggian mencapai 63 kaki.

Pesawat paling populer di dunia milik Amerika Serikat (Foto: Business Insider)


Kamar presiden di pesawat tersebut dilengkapi tempat fitnes kecil, toilet khusus dan fasilitas kamar mandi yang sangat memuaskan. Bagian sayap pesawat juga dilengkapi sistem anti misil yang dapat melindungi presiden selama penerbangan dari serangan.

Pesawat paling populer di dunia milik Amerika Serikat (Foto: Business Insider)


Terdapat bagian tersembunyi di sayap pesawat yang dapat dilepas guna membingungkan misil yang dilepas para musuh. Terdapat juga sistem pertahanan yang dapat menganggu radar musuh yang berniat menyerang pesawat.

Bagian bawah pesawat bahkan dapat menahan serangan nuklir dari daratan. Ruang pesawat juga bisa menampung 76 penumpang dengan 20 TV layar datar, 85 telepon dan 26 kru handal. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini