Sukses

Jokowi: Kualitas Cokelat RI Terbaik ke-3 di Dunia

"Dalam 5-6 tahun ke depan bisa jadi yang nomor satu," kata Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Morowali -  Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan produk-produk buatan Indonesia sebenarnya tidak kalah saing dengan beberapa negara lainnya.

Salah satu produk dari Indonesia, cokelat, diakui Jokowi memiliki kualitas dunia. Bahkan dia mengklaim tanaman cokelat di Indonesia memiliki kualitas terbaik ke-3 di dunia.

"Saya ingin katakan bahwa cokelat kita saat ini nomor 3 di dunia, Dalam 5-6 tahun ke depan bisa jadi yang nomor satu," kata Jokowi saat meresmikan‎ pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) nikel PT Sulawesi Mining Investment di desa Fatufia, Kecamatan Bahodopo, Kabupaten Morowali, Jumat (29/5/2015).

Ada beberapa hal yang ingin ia lakukan bagi para petani coklat tersebut untuk meningkatkan kualitas cokelat dari Indonesia. Salah satu yang akan dilakukan adalah pemberian subsidi untuk peremajaan tanaman.

Menurut Jokowi, tanaman cokelat saat ini masih banyak didominasi tanaman yang sudah tua sehingga kualitas buahnya kurang bagus.

"Saya sudah beberapa kali ke lapangan penghasil cokelat saya lihat bukan sesuatu yang sulit, ini hanya masalah niat mau atau tidak mau memberi perhatian ke petani cokelat," kata dia.

Ditambahkan Jokowi, cokelat menjadi salah satu produk komoditas yang harganya justru berlawanan dengan beberapa komoditas lain di dunia yang menujukkan penurunan.

Dengan harga yang terus mengalami tren naik tersebut, Jokowi yakin kebutuhan akan cokelat ke depan akan semakin banyak. Untuk itu dirinya memerintahkan kepada Gubernur Sulawesi Tengah untuk meningkatkan kualitas produksi cokelat yang ada di wilayahnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini