Sukses

5 Pemimpin Negara Paling Kaya di Dunia

Banyak pemimpin negara kaya raya karena warisan keluarga. Tapi ada juga yang kaya berkat usahanya sendiri.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Banyak orang bermimpi ingin menjadi pemimpin sebuah negara agar bisa kaya raya. Sejatinya, hal tersebut tidaklah benar. Banyak pemimpin negara kaya raya karena warisan keluarga. Tapi ada juga yang kaya berkat usahanya sendiri.

Sebut saja, Presiden Rusia Vladimir Putin yang memiliki kekayaan dengan jumlah fantastis yaitu mencapai US$ 40 miliar atau setara Rp 528,9 triliun (kurs: Rp 13.244 per dolar AS). Kekayaannya tersebut berasal dari kepemilikan saham di sejumlah perusahaan raksasa di Rusia.

Sebenarnya, tak hanya Putin yang memiliki kekayaan sensasional seperti itu. Dilansir dari Malaysiandigest, Sabtu (30/5/2015), ada lima pemimpin negara yang memiliki kekayaan bisa bikin Anda tercengang. Siapa saja mereka?

1. Presiden Rusia Vladimir Putin

Kekayaan: US$ 40 miliar atau setara Rp 528,9 triliun

Putin memimpin Rusia sejak tahun 2012.  Sebelumnya, dia hanya memiliki kekayaan US$ 80 ribu. Namun sejak memiliki saham di banyak industri raksasa Rusia, pundi-pundi uang mengalir ke rekeningnya.

Orang nomor satu di Rusia itu memiliki rumah yang dibangun khusus saat dia menjadi kepala negara. Rumah yang terletak di Praskiveevka dekat Laut Hitam bernilai US$ 1 miliar.


2. Raja Thailand Bhumibol Adulyadej

Dalam sambutannya, Raja Bhumibol menyampaikan pesannya pada segenap masyarakat Thailand agar bisa menjaga stabilitas negara. Hal itu penting demi keamanan Thailand (AFP Photo/Indranil Muherjee)

Kekayaan:  US$ 30 miliar atau setara Rp 396,7 triliun

Orang-orang di Thailand memujanya. Dia telah memerintah sejak tahun 1946 membuat dia menjadi raja paling lama hidup.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, salah satu raja terkaya di dunia

Kekayaan: US$ 20 miliar atau setara Rp 264,4 triliun

Sultan Hassanal Bolkiah menjadi Sultan Brunei sejak tahun 1967. Sejumlah kekayaannya berasal dari pabrik mobil eksklusif yang dimilikinya.

4. Raja Arab Saudi, Abdullah Abdul Aziz Al Saud

Kekayaan: US$ 18 miliar atau setara Rp 238 triliun

Almarhum Abdullah Abdul Aziz Al Saud masuk dalam raja terkaya ketiga di dunia. Dia dinobatkan jadi raja setelah saudara tirinya, Raja Fadh meninggal. Sejak saat itu, dia diberi tanggung jawab untuk melihat dan mengawasi dua masjid utama di kerajaannya.

Abdullah meninggal pada 23 Januari 2015 di usia 90 tahun. Kini tampuk kekuasaan Raja Abdullah diserahkan ke anaknya yaitu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

5. Presiden UEA Khalifa Zayed Al Nahyan US$ 15 miliar

Kekayaan: US$ 15 miliar atau sekitar Rp 198,36 triliun

Presiden UEA Khalifa Zayed Al Nahyan mengambil alih jabatan pada tahun 2004. Dia memimpin Abu Dhabi Investmen Authority dan setelah perhitungan, nilai kekayaan mencapai US$ 15 miliar. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini