Sukses

Top 5 Bisnis: Gaji PNS Naik Lagi

Pemerintah akan menaikkan gaji PNS secara berkala setiap tahun sebesar 4 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara berkala setiap tahun sebesar 4 persen. Usulan kenaikan ini berada dalam satu paket dengan usulan pencairan gaji ke-13 PNS, TNI dan Polri yang rencana dibayarkan pada Juli 2015.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan kenaikan ini merupakan permintaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang langsung ditindaklanjuti oleh dirinya dengan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.

Alasan pemerintah melakukan kenaikan ini karena berdasarkan Undang-undang (UU) dan peraturan pemerintah memang memungkinkan adanya penyesuaian gaji tersebut berdasarkan pada laju inflasi.

Informasi mengenai kenaikan gaji PNS menjadi artikel yang paling diburu pembaca. Tak hanya itu, berita lain yang juga menyedot perhatian yaitu besaran gaji ke-13 PNS,  kecanggihan pesawat Presiden Amerika Serikat Barack Obama, hingga trik cepat dapat kerja.

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, edisi Jumat, 29 Mei 2015:

1. Hore! Gaji PNS Bakal Naik Lagi

Pemerintah akan menaikkan gaji PNS sebesar 4 persen.  Besaran kenaikan gaji yang diterima oleh masing-masing PNS dihitung dari gaji pokoknya tiap bulan.  Kenaikan gaji ini sudah bisa dirasakan oleh para aparatur negara tersebut pada Juni 2015, setelah dikeluarkanya payung hukum dari pemerintah.

"Bulan Juni naik 4 persen, paling telat Juli. Tapi kalau di kami sudah selesai. Prosesnya nanti di Kementerian Keuangan juga proses pencairan.
Payung hukum ada Peraturan Pemerintah (PP), ada Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu)," tandasnya.

2. Berapa Gaji Ke-13 yang Diterima PNS?

Pemerintah menargetkan pencairan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), pensiunan, TNI dan Polri dilakukan selambat-lambat pada Juli 2015. Lantas berapa besar gaji ke-13 untuk masing-masing PNS?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan, besaran gaji ke-13 yang diterima PNS, pensiunan  TNI dan Polri yaitu sama dengan gaji terakhir yang diterima oleh masing-masing aparatur negara tersebut.

3. Menengok Fasilitas Canggih Pesawat Barack Obama

Dengan tanda bendera Amerika Serikat (AS) di ekornya dan tulisan United States of America, pesawat kepresiden AS, Air Force One menjadi pesawat paling mentereng di dunia. Fitur-fitur canggih disematkan pada Air Force One ini tak hanya memberikan kenyamanan namun juga keamanan kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat bepergian.

Pesawat tersebut memiliki tinggi setara dengan bangunan enam lantai dan memamerkan kegagahannya kemanapun pesawat tersebut terbang.

Di pesawat Boeing 747-200B ini, Barack Obama memiliki ruang kantor yang luas, termasuk di dalamnya adalah ruang konferensi, ruang makan dan tempat pribadi bagi presiden, staf senior presiden. Tak tanggung-tanggung, selain menyediakan kantor, pesawat tersebut juga menyediakan  ruang kesehatan.

4. Trik Biar Cepat Diterima Saat Melamar Kerja

Bagi sebagian orang, melamar pekerjaan merupakan rangkaian proses rumit yang kadang tak membuahkan hasil. Tenang saja, CEO Karir.com Dino Martin berbagi beberapa trik yang memudahkan Anda saat melamar kerja.

Dino memaparkan, seluruh rangkaian proses melamar kerja harus dimulai dari bagaimana Anda belajar menulis daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang baik. Selain itu Dino juga mengingatkan, untuk membuat CV harus profesional, detil dan lengkap.

Dino juga menyarankan Anda untuk mengenal kemampuan pribadi dan profesional sebaik-baiknya khususnya saat beruntung mendapatkan kesempatan wawancara kerja.

5. Terjerat Skandal Korupsi, Intip Cara FIFA Cetak Duit

Kasus skandal korupsi kini tengah mengguncang Badan pengurus sepakbola dunia, Federation Internationale de Football Association (FIFA) yang melibatkan sejumlah pejabat tinggi di organisasi tersebut.

Para penyidik di Amerika Serikat (AS) telah menerbitkan surat penangkapan kepada 14 orang pejabat tinggi FIFA. Penyidik di AS dan pihak berwenang di Swiss, markas FIFA, kini tengah melakukan penyidikan terpisah.

Menghasilkan pendapatan hingga miliaran dolar AS dari sponsor, acara TV, dan hak menayangkan World Cup, acara olahraga paling populer di dunia. Lebih dari 3,2 miliar orang di dunia menyaksikan turnamen World Cup 2010 di Afrika Selatan. Bahkan jumlah penonton yang menyaksikan World Cup di Brazil pada 2014 jauh lebih banyak lagi.  (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.