Sukses

Jokowi Genjot Produksi Udang dan Bandeng di Mamuju Utara

Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Mamuju Utara untuk memastikan potensi udang dan bandeng.

Liputan6.com, Mamuju Utara - Presiden RI Joko Widodo‎ (Jokowi) hari ini mengunjungi Mamuju Utara yang berada di Sulawesi Barat. Kedatangannya kali ini, Jokowi ingin memastikan potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan di wilayah tersebut.
 
Dia mengaku mendapatkan informasi Mamuju Utara memiliki lahan yang berpotensi untuk menghasilkan udang dan bandeng. 
 
"Tadi saya ke sini ingin selesaikan masalah karena laporan yang saya terima ada potensi 13 ribu hektare (ha) yang bisa dijadikan tambak udang dan bandeng belum ada pencemaran, sehingga sangat bagus," kata Jokowi di Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Sabtu (30/5/2015).
 
Dengan lahan seluas 1  hektare di wilayah tersebut, lanjut dia, rata-rata mampu panen sebanyak tiga kali dalam satu tahun.‎ Dalam setiap panennya mampu menghasilkan udang dan bandeng mencapai 2 ton. Sementara dalam satu ton dihargai mencapai Rp 60 juta.
 
Jokowi menginginkan wilayah Mamuju Utara untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi tersebut mengingat akan membantu pemerintah dalam meningkatkan produksi hasil maritim.
 
"Berarti kan sama saja sekali panen dapat Rp 120 juta. Kalau satu‎ tahun 3 kali ada Rp 360 juta, ini sangat bagus," tegas Jokowi.
 
Untuk‎ mempercepat peningkatan produksi dan kualitas para nelayan hasil laut budidaya tersebut Jokowi berjanji akan mengalokasikan anggaran untuk memfasilitasinya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini