Sukses

Papua Nugini Gandeng Pemkot Jayapura Genjot Sektor Pertanian

Pemkot Jayapura menjajaki kerja sama dengan pemerintah Vanimo, Papua Nugini dengan melakukan pelatihan di sektor pertanian dan peternakan.

Liputan6.com, Jayapura - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dan pemerintah Vanimo, Papua Nugini menjajaki kerjasama di bidang pertanian dan peternakan. Bentuk kerjasama ini nanti akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama kedua negara.

Salah satu bentuk kerja sama itu masyarakat Vanimo akan melakukan pendidikan pelatihan di bidang pertanian dan peternakan selama 6 bulan di daerah Koya Timur, Distrik Muara Tami.

"Setelah pelatihan di Kota Jayapura, masyarakat Vanimo diharapkan dapat mempraktikkan ilmu yang didapatkannya itu dalam kehidupan sehari-hari. Kerjasama ini masih terus dijajaki. Jika kedua pemerintahan ini telah sepakat, maka akan dilakukan perjanjian lewat Memorandum of Understanding (MoU) dan dapat dilanjutkan ke kementerian terkait," ujar Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, Minggu (31/5/2015).

Mano menambahkan, hubungan Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintahan  Vanimo yang sering disebut-sebut sebagai kota kembar ini, sebelumnya juga telah melakukan kerjasama di bidang pendidikan dan kesehatan. Namun ke depan, Mano berharap adanya kerjasama di bidang ekonomi dan keamanan.

"Bidang ekonomi dan keamanan sangat penting untuk kondisi kedua pemerintahan ini. Selama ini banyak warga Papua Nugini yang terus melakukan transaksi jual beli di pasar perbatasan yang ada di Wutung. Apalagi di bidang keamanan, diharapkan agar ada saling menjaga sehingga tercipta situasi yang kondusif di wilayah perbatasan dua negara. Kerjasama yang terus dilakukan ini, tentunya saling menguntungkan kedua negara," tutur Mano. (Katarina J/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini