Sukses

Tenang, Stok Beras Bulog Cukup Sampai Lebaran

Perum Bulog menjamin pasokan beras untuk menghadapi puasa dan lebaran dalam keadaan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog menjamin pasokan beras untuk menghadapi puasa dan lebaran dalam keadaan aman. Bulog juga siap melakukan operasi pasar demi mencegah kenaikan harga pada momen tersebut.

Direktur Perum Bulog Lely Pelitasari mengungkapkan, stok beras Bulog saat ini cukup memenuhi kebutuhan 5,8 bulan ke depan, termasuk untuk menghadapi puasa dan lebaran, bahkan untuk mengantisipasi bencana alam.

"Posisi stok yang ada di Bulog aman 5,8 bulan ke depan, adalah kebutuhan rutin yang jadi tugas Bulog. Penyaluran jaga-jaga," kata Lely di Cikini, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Menurut Lely, Bulog sudah mengantisipasi lonjakan harga beras saat puasa dan lebaran dengan merencanakan operasi pasar pada titik-titik yang mengalami lonjakan harga.

"Sangat tergantung kita antisipaisnya (kenaikan harga) katakanlah intervensi operasi pasar," tuturnya.

Dalam melakukan operasi pasar, lanjut dia, Bulog tak memiliki kewenangan penuh. Pasalnya, Bulog harus menunggu instruksi dari Kementerian Perdagangan.

"Bulog adalah operator pemerintah semua operasi pasar harus mendapatkan perintah dari pemerintah dan instansi terkait kalau operasi pasar tunggu Kemendag," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.