Sukses

6 Hal yang Bikin Bisnis Kecil Gagal

Berulang kali mencoba, banyak pengusaha yang bisnisnya baru seumur jagung harus merasakan pahitnya gulung tikar.

Liputan6.com, New York - Berulang kali mencoba, banyak pengusaha yang harus mengalami gulung tikar meski baru menjalankan bisnisnya seumur jagung.

Bahkan saat para pengusaha kecil itu merasa sudah melakukan berbagai hal dengan baik, tetap saja ada masalah yang membuat usahanya bangkrut.

Membangun bisnis dari nol memang memiliki peluang yang tak begitu besar untuk sukses. Itulah pentingnya memperhatikan seluruh detik kecil saat menjalankan bisnis.

Jika tidak, banyak bisnis kecil yang akhirnya harus ditutup dan gagal berkembang menjadi perusahaan besar. Hati-hati, ini dia enam hal yang bisa bikin bisnis kecil gagal seperti dilansir dari Lifehack.org, Senin (1/6/2015):

1. Kurang fokus

Membangun bisnis dari nol dengan tingkat pertumbuhan yang belum begitu besar membutuhkan tujuan yang jelas. Banyak pengusaha gagal karena tidak fokus pada konsep bisnis yang ditekuninya.

Penting bagi Anda untuk memiliki satu visi inti dan mengarahkan para pegawai bergerak ke tujuan yang sama.

2. Keputusan yang keliru

Sebagian besar pengusaha bisa sukses karena berhasil mengambil sejumlah keputusan cerdas. Penting bagi Anda untuk menghindari keputusan yang salah jika ingin bisnis Anda menghasilkan banyak uang.

Dari awal berbisnis, Anda harus sudah menyiapkan skenario terburuk dan bahas dengan tim sebelum mengambil tindakan apapun.

3. Kalah saing

Persaingan dengan pengusaha lain sangat penting dalam berbisnis. Tapi kadang, kompetisi justru menjadi pendorong agar Anda segera menutup bisnis.

Ingat, jangan sampai kompetisi menciptakan ketakutan, tapi justru jadikan sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik dan unggul dibandingkan pesaing lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Lokasi tak strategis

Lokasi merupakan salah satu hal vital dalam berbisnis. Saat memilih lokasi, pastikan tempat tersebut strategis dan cocok untuk bisnis Anda. Perhitungkan jaringan jalan, akses pada penduduk dan demografi.

5. Kurang dana

Salah satu penyebab yang sering membuat bisnis gagal adalah rendahnya dana untuk pengelolaan usaha. Seringkali Anda tersangkut pada kredit berbunga tinggi yang memaksa bisnis gulung tikar.

6. Keahlian pegawai rendah

Ingin sukses dalam berbisnis berarti Anda harus memiliki karyawan yang tepat, memiliki keahlian yang baik guna membantu melakukan misi perusahaan. Seperti dikatakan miliarder Warren Buffet, risiko datang kapan saja tanpa pertanda.

Agar sukses berbisnis, Anda membutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang baik dari para karyawan.(Pew/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.