Sukses

Tips Mengatur Waktu ala Orang Sukses

Orang sukses ialah orang yang bisa bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.

Liputan6.com, New York - Orang sukses ialah orang yang bisa bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin. Sebab, mereka menyadari waktu sebanding dengan uang yang dihasilkan.

Mereka, orang-orang sukses selalu memusatkan perhatian bagaimana bisa mengoptimalkan waktu mereka. Namun, tak jarang banyak orang yang belum memahami hal ini.

Mungkin saja, Anda belum termasuk orang demikian. Namun tak perlu khawatir, Anda masih punya kesempatan untuk berubah lebih baik dan menjadi orang sukses.

Dikutip dari Lifehack, Selasa (2/6/2015) ada 10 cara memanfaatkan waktu dengan baik:

1. Delegasikan tugas

Orang sukses menyadari bahwa mereka bukanlah orang terbaik dalam segala hal. Maka, mereka pun mencari cara dengan menemukan orang-orang terbaik untuk melakukan tugas mereka.

Mereka memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan orang lain sehingga lebih efektif memecahkan persoalan dan mendapatkan banyak waktu.

2. Memecahkan persoalan

Orang sukses percaya penghalang yang besar menyebabkan frustasi. Maka, orang sukses pun membuat dinding atau penghalang yang besar menjadi serpihan. Mereka percaya dengan konsistensi membuat sebagian besar waktu mereka terpakai untuk mencapai tujuan yang besar.

3. Memilih prioritas

Beberapa hal mendesak kadang tidak penting. Ada hal yang penting tapi tidak mendesak. Orang sukses membuat pertimbangan, mana saja yang mendesak, penting dan layak untuk mendapatkan perhatian terlebih dahulu.

4. Memperbaiki kekacauan hidup

Mereka memahami bahwa waktu akan terbuang percuma dengan pembicaraan-pembicaraan kecil. Orang sukses fokus pada tindakan sehingga mendapatkan hal yang besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Membuat penilaian atas waktu

Orang sukses bertanggung jawab atas penggunaan waktu mereka. Mereka melakukan evaluasi diri dengan menuliskannya di jurnal untuk mengidentifikasi pemborosan waktu dalam hidup mereka.

6. Produktif di waktu luang

Orang sukses menggunakan waktu luang untuk mencari keuntungan. Misal, waktu luang di jalan bisa digunakan mengembangkan wawasan dengan audio CD atau berhubungan dengan klien.

7. Membuat kebiasaan

Mereka memiliki kebiasaan atau jadwal yang tetap. Orang sukses memiliki rutinitas yang tidak melebihi dengan jadwal yang ditentukan.

8. Merencanakan kegiatan sehari-hari

Tidak ada yang efektif tanpa perencanaan yang matang. Orang sukses melakukan kegiatan dengan terorganisir dan melakukan dengan baik. Mereka melakukan hal baik karena merencanakannya jauh-jauh hari.

9. Termotivasi

Orang sukses mengarahkan energi mereka untuk hal-hal yang disukai. Energi dan waktu dihabiskan untuk kegiatan yang penuh gairah karena menawarkan penggunaan terbaik dari waktu.

10. Fokus pada kegiatan pada satu waktu


Banyak orang berpikir melakukan kegiatan secara bersamaan merupakan hal yang baik. Orang sukses tak berpikir demikian. Mereka berpikir meningkatkan efisiensi denggan fokus pada satu tugas dengan baik sebelum pergi ke pekerjaan lain. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.