Sukses

Tiket Kapal Angkutan Lebaran Sudah Bisa Dibeli

Pelni telah membuka penjualan tiket kapal angkutan mudik lebaran mulai 2 Juni 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyatakan telah membuka penjualan tiket kapal untuk mudik lebaran per hari ini. Tiket pelayaran ini untuk masa angkutan lebaran yang dimulai selama sebulan yakni H-15 sampai H+15 atau dari 2 Juli sampai 2 Agustus 2015.

Direktur Utama Pelni Sulistyo Wimbo mengatakan, untuk antisipasi meledaknya penumpang Pelni akan mengerahkan setidaknya 26 armada, dengan rincian armada Kapal tipe 2000 sebanyak 12 kapal. Kemudian tipe 1000 sebanyak sembilan kapal, tipe 500 sebanyak tiga kapal, dan tipe ropax dua kapal.

“Kapal tipe 2000 tersedia 2000 bed, kapal tipe 1000 tersedia 1000 bed , dan kapal tipe 500 tersedia 500 bed atau tempat tidur," kata dia dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (2/6/2015).

Pelni sendiri memprediksi volume penumpang kapal laut Pelni pada masa angkutan lebaran tahun 2015 meningkat 2 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya Pelni mengangkut 763.916 penumpang diprediksi naik menjadi 779.194 orang.

Dia menyatakan pihak Pelni akan membatasi penjualan tiket penumpang kapal laut. Pada lebaran tahun 2014 lalu, penumpang kapal belum dibatasi, sehingga terjadi  kelebihan penumpang.  

“Lebaran tahun 2015 ini penumpang kapal dibatasi sesuai peraturan dari  Kementerian Perhubungan 135 persen dari kapasitas kapal. Pengalaman buruk tahun-tahun sebelumnya di mana penumpang kapal mencapai  400 persen dari kapasitas kapal Insya Allah tidak terjadi tahun ini," tambahnya.

Sementara untuk menertibkan para penumpang, Pelni juga akan memberlakukan gelang berwarna. Selama ini, kerap terjadi penyimpangan berupa pembelian tiket untuk jarak dekat namun penumpang melakukan perjalanan jauh.

“Untuk menyiasati penyimpangan atau pencurian trayek Pelni memberlakukan gelang berwarna untuk menandai tujuan penumpang. Di pelabuhan tujuan para ABK akan mengumumkan dan mengecek setiap deck untuk mengingatkan serta menurunkan penumpang sesuai tujuan,” paparnya.

Selain mengangkut penumpang, kapal Pelni juga dapat mengangkut kontainer, alat berat, mobil, sepeda motor, dan kargo umum. “Kapal yang dapat mengangkut alat berat, mobil, sepeda motor dan kontainer secara bersama-sama dalam satu armada kapal meliputi  KM. Dobonsolo, Ciremai dan KM. Egon," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini