Sukses

Lewat Tol Cikampek-Palimanan, Berapa Waktu Tempuh ke Cirebon?

Jika melewati jalur Pantura, pengendara roda empat yang keluar tol Cikampek menghabiskan waktu tempuh 2-3 jam untuk sampai ke Cirebon.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan pengoperasian tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) nantinya mampu menghemat waktu tempuh dari Cikampek ke Cirebon, Jawa Barat.

Kepala BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ahmad Gani Gazali mengatakan jika melewati jalur Pantai Utara (Pantura), pengendara roda empat yang keluar tol Cikampek menghabiskan waktu tempuh sekitar 2-3 jam untuk sampai ke Cirebon.

"Kalau sedang macet malah bisa sampai 4 jam. Tetapi lewat tol Cikampek-Palimanan, kalau lari 100 km/jam hanya 1 jam 15 menit," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Rabu (3/6/2015).

Dia menjelaskan, selama ini masyarakat dari Jakarta menuju Cirebon yang melewati Pantura sering menemui kemacetan di sekitar Simpang Jomin. Namun dengan adanya tol ini, hal tersebut diharapkan tidak terjadi.

"Kalau dari Jakarta, memang masih ada tol Jakarta-Cikampek, tapi sumbatannya itu di Simpang Jomin yang biasanya orang bisa sampai satu hari di situ. Jadi mudah-mudahan sudah terurai sehingga tidak ada lagi (kemacetan) karena langsung tol ke tol," jelasnya.

Selain itu, jarak yang harus ditempuh pengendara antara Cikampek hingga Palimanan juga berbeda jika menggunakan dua rute tersebut. Jika melewati Pantura, pengendara mobil harus menempih jarak sekitar 156 kilometer (km). Sedangkan jika melewati tol Cikampek-Palimanan hanya 116 km.

"Jadi bedanya sekitlr 40 km. Makanya ini memberikan pilihan pada masyarakat, mau yang bayar (tol Cikampek-Palimanan) atau yang gratis (Pantura)," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini