Sukses

Top 5 Bisnis: Tarif Listrik Naik di Awal Juni Picu Perhatian

Kenaikan tarif ini terjadi kesekian kalinya di tahun ini. Tarif listrik para pelanggan ini bergerak fluktuatif karena sudah tidak menikmati

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang menyenangkan di awal Juni ini. Pemerintah melalui PT PLN (persero) kembali menaikkan tarif listrik 10 golongan pelanggan terhitung 1 Juni 2015.

Kenaikan tarif ini terjadi kesekian kalinya di tahun ini. Tarif listrik para pelanggan ini bergerak fluktuatif karena sudah tidak menikmati subsidi dari pemerintah.

Penyesuaian tarif dilakukan mengikuti kenaikan harga minyak dunia, dan inflasi. Artikel soal tarif listrik ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com.

Selain soal tarif listrik, pembaca juga tertarik tentang rencana peresmian tol Cikampek-Palimanan. Berikut daftar 5 berita paling dicari pembaca, Rabu (3/6/2015):

1. Tarif Listrik Naik Awal Juni, Cek di Sini!

PT PLN (Persero) telah menerbitkan daftar tarif listrik Juni 2015 untuk 10 golongan pelanggan yang telah dikenakan sistem tarif penyesuaian (adjustment). Tarif listrik para  pelanggan ini bergerak fluktuatif karena sudah tidak menikmati subsidi dari pemerintah.

Plt Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Sampurno Martono  menjelaskan, penyesuaian tarif dilakukan mengikuti kenaikan harga minyak dunia, dan inflasi.

"Meski nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat, tapi harga minyak dunia dan angka inflasi meningkat," kata dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (2/6/2015).

2. Miliarder Arab Saudi Beli Hunian Tertinggi di New York

Hampir semua benda bisa Anda beli dengan status sebagai salah satu miliarder dunia dengan harta yang nyaris tak ada habisnya. Baru-baru ini, miliarder asal Arab Saudi Fawaz Al Hokair menjadi sorotan setelah dirinya membeli penthouse atau ruang apartemen tertinggi di suatu bangunan senilai US$ 95 juta atau Rp 1,25 triliun (kurs: Rp 13.205) di New York.

Melansir laman Daily Mail, Selasa (2/6/2015), apartemen itu terletak di 432 Park Avenue dan merupakan hunian tertinggi di New York. Bangunan yang baru dibeli Al Hokair itu memiliki luas 8.255 kaki persegi, enam kamar tidur, tujuh kamar mandi, lantai kamar mandi yang hangat dan perapian musim dingin.

3. Usai Diresmikan, Tol Cikampek-Palimanan Digratiskan Sepekan

Pemerintah memastikan proyek tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sepanjang 116,75 kilometer (km) telah selesai dibangun. Tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Jawa sepanjang 1.000 km.

Meski belum ada kepastian waktu peresmian tol ini, namun Kepala (Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ahmad Gani Gazali mengatakan, ruas [tol Cikampek-Palimanan](2243739 akan digratiskan minimal selama seminggu sejak diresmikan nantinya.

4. Pengamat: Gaji PNS Wajar Naik

Pemerintah akan menaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sekitar 4 persen setiap tahun. Kenaikan itu berada satu paket dengan gaji ke-13 PNS, TNI dan Polri.

Pengamat Politik dan Birokrasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Miftah Thoha, mengatakan kenaikan tersebut merupakan hal yang wajar. Dia bilang kenaikan gaji merupakan hak bagi PNS apalagi menimbang mahalnya harga bahan pokok.

5. Tol Cikampek-Palimanan Bakal Beroperasi 15 Juni?

Pemerintah memastikan pengoperasian tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sepanjang 116,75 kilometer (km) yang dibangun guna mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2015, berlangsung sebelum pelaksanaan Ramadan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Ahmad Gani Gazali mengungkapkan, peresmian jalan bebas hambatan tersebut direncanakan berlangsung pada pertengahan Juni ini.(Nrm/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.