Sukses

Hati-hati! Sikap Ini Bikin Anda Susah Naik Jabatan

Riset terbaru yang digelar University of Minnesota menemukan satu sikap yang membuat Anda dapat diterima bekerja tapi sulit naik jabatan

Liputan6.com, New York - Mencari pekerjaan saat ini memerlukan perjuangan sangat keras mengingat persaingan karir yang semakin ketat. Tenang saja, penelitian terbaru yang digelar University of Minnesota menemukan satu sikap yang membuat Anda dapat diterima bekerja.

Melansir laman Business Insider, Sabtu (6/6/2015), kesiapan menerima tugas, yang dalam istilah ilmiah berarti selalu siap bekerja atau kooperatif, fleksibel, bertoleransi tinggi dan ramah dapat membantu Anda berlabuh pada pekerjaan yang diimpikan selama ini.

Sayangnya, riset tersebut menyebutkan, orang yang selalu siap saat menerima instruksi apapun dari atasan cenderung sulit naik jabatan. Para peneliti di University Minnesota telah mengamati berbagai sikap kepribadian dan kemampuan sosial yang diperhitungkan para atasan dari pelamar kerja.

Menurut penemuan tersebut, kecermatan (bisa diandalkan, pekerja keras, sistematis dalam bekerja, berprestasi) dan kesiapan merupakan dua sikap utama yang sangat ingin dilihat para atasan perusahaan.

Para peneliti juga berusaha mengamati sikap yang dapat menentukan kesuksesan pegawai setelah diterima bekerja. Sekali lagi, kecermatan dan kesiapan pekerja menjadi dua sikap utama yang dapat mempermulus karirnya.

Selain itu, belum ada penelitian yang menemukan kesiapakan kerja karyawan merugikan perusahaan tempatnya bekerja. Studi yang digelar University of Notre Dame, Cornell University, dan the University of Western Ontario juga membuktikan hal tersebut.

Sayangnya, orang yang selalu siap menerima tugas apapun dari perusahaan cenderung dibayar lebih rendah dibandingkan mereka yang sesekali membangkang. Itu lantaran orang yang selalu siap mengerjakan tugas kurang cocok untuk mendudukui posisi manajerial. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini