Sukses

Terpanjang di RI, Berapa Tarif Tol Cikampek-Palimanan?

Tol Cikampek-Palimanan disebut sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Liputan6.com, Bogor - Jalan Tol Cikampek-Palimanan hingga saat ini telah rampung konstruksinya. Rencananya Presiden RI Joko Widodo akan meresmikannya pada 15 Juni 2015.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeldjono mengungkapkan, tol yang diklaim menjadi [jalan tol terpanjang](2245714  "") di Indonesia tersebut akan memiliki tarif kisaran Rp 750 per kilometer (km).

"Kalau menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) itu rata-rata Rp 750 per km," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat (5/6/2015).

Jika dihitung dengan total panjang tol tersebut 116 km, maka tarif tol yang akan dikenakan sebesar Rp 87 ribu mulai dari Cikampek hingga pintu tol Palimanan.

Jalan Tol Cipali (Cikampek - Palimanan) memiliki dua lajur disetiap jalurnya di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/5/2015). Jalan tol sepanjang 116 km ini akan digunakan pada arus mudik. (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Hanya saja tarif tersebut kemungkinan akan sedikit dinaikkan mengingat mempertimbangkan faktor konstruksi di titik-titik tertentu yang membutuhkan biaya ekstra.

"Karena di dalam pembangunan ada lokasi yang nembus bukit batu. Nama bukitnya lupa saya, jadi itu ada additional cost (biaya tambahan) yang dimasukkan ke tarif," jelas Basuki.

Hanya saja kenaikannya tersebut tidak terlalu jauh dari harga rata-rata yang sudah ditetapkan dalam BPJT, mengingat tol tersebut juga harus memiliki tarif terjangkau bagi masyarakat.

Dipatikannya, sebelum presiden Jokowi meresmikan, pihaknya akan merampungkan penentuan tarif tersebut dengan berdiskusi dengan pihak BPJT dan pengembang. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini