Sukses

Menteri Ferry Butuh Rp 1 Triliun Siapkan Lahan Infrastruktur

Anggaran sekitar Rp 1 triliun untuk penyediaan lahan pembangunan infrastruktur pada 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengajukan anggaran sekitar Rp 1 triliun untuk penyediaan lahan pembangunan infrastruktur pada  2016.

Menteri Agraria dan Tata Ruang yang juga Ketua BPN, Ferry Mursyidan Baldan mengatakan pembangunan  infrastruktur merupakan salah satu program prioritas pemerintah.

"Bagaimana  penyediaan lahan untuk prioritas pembangunan, termasuk penyediaan lahan untuk reformasi agraria. Maka kita ajukan satu angka yang cukup signifikan, sekitar Rp 1 triliun," ujar Ferry saat di konfirmasi di Gedung DPR, Jumat (5/6/2015).

Ferry menjelaskan anggaran sebesar tersebut tidak harus berada di dalam pagu anggaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Melainkan, terbagi dalam beberapa kementerian yang berhubungan dengan pembangunan tersebut.

"Saya sudah komunikasikan ke Menkeu dan Bappenas, dari jumlah itu tercermin tidak anggaran sektoral. Tapi kita katakan tentang perlunya anggaran penyediaan lahan. Kita lihat dulu apakah sudah terakomodir dari kementerian lain, seperti Bappenas ada Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan," jelas Menteri Ferry.

Politikus Partai NasDem itu menegaskan apa yang diperintahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepadanya, agar dalam penyusunan anggaran harus berdasarkan kepada program prioritas.

"Anggaran kami dari Rp 5,2 triliun yang lalu menjadi Rp 7,6 triliun. Kenaikan itu bukan dibagi rata pada bidang program, tapi harus terlihat pada program pokok," ungkap Menteri Ferry. (Putu/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini