Sukses

Top 5 Bisnis: Kontroversi Nama Tol Cikampek-Palimanan

Simak 5 artikel terpopuler di Kanal Bisnis Liputan6.com pada Sabtu, 6 Juni 2015:

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meminta pemerintah untuk mengubah nama Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali), kini giliran pengembang jalan bebas hambatan ini, PT Lintas Marga Sedaya melontarkan permintaan serupa.

Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya yang merupakan induk perusahaan PT Lintas Marga Sedaya, Sandiaga Uno‎, meminta agar nama tol tersebut diubah sehingga masyarakat memiliki pemahaman yang benar tentang tol yang sebenarnya bernama Cikopo-Palimanan (Cipali) tersebut. "Banyak yang memahami itu adalah Tol Cikampek-Palimanan‎. Padahal itu salah," kata Sandiaga.

Artikel mengenai nama yang harus disematkan di jalan tol yang ditargetkan bisa digunakan untuk mudik Lebaran ini banyak menarik perhatian pembaca. Selain itu ada beberapa artikel lain yang juga banyak dibaca seperti artikel soal Fertival Jakarta Great Sale 2015.

Untuk lebih lengkapnya, simak 5 artikel terpopuler di Kanal Bisnis Liputan6.com pada Sabtu, 6 Juni 2015:

1. Pengembang Sepakat Nama Tol Cikampek-Palimanan Diubah

Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya yang merupakan induk perusahaan PT Lintas Marga Sedaya, Sandiaga Uno‎, mengakui, penamaan Tol Cikampek-Palimanan merugikan Kabupaten Purwakarta yang jelas-jelas memiliki Desa Cikopo. Desa tersebut adalah lokasi awal tol yang rencananya menjadi pembuka kemacetan di Jalur Pantai Utara (Pantura).

Sandiaga menjelaskan Cikopo itu berada di kawasan Kabupaten Purwakarta. Sedangkan Cikampek berada di Kawasan Karawang. "Jadi sangat merugikan bila tol tersebut dinamakan Cikampek - Palimanan," jelas dia.

2. Cek 18 Mal yang Gelar Grand Midnight Sale

Gelaran belanja tahunan bertajuk Festival Jakarta Great Sale (FJGS) kembali digelar mulai 6 Juni  sampai 12 Juli 2015. Festival ini menawarkan berbagai macam program belanja. Salah satunya Grand Midnight Sale FJGS 2015 yang melibatkan 18 mal.

Ketua Pelaksana FJGS 2015, Ellen Hidayat mengatakan, jumlah mal peserta Grand Midnight Sale meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 14 mal. "Ini lantaran beberapa mal yang tahun lalu mengaku belum siap, kini sudah bergabung menggelar program tersebut," jelas dia di Jakarta, Sabtu (6/6/2015).

3. Mengapa Banyak Orang Kaya Tinggal di Monako?

Ketika menyebut nama Monako, pasti langsung muncul gambaran orang-orang kaya. Mobil mewah, kapal pesiar dan tak ketinggalan kasino. Bagaimana negara kecil tersebut bisa menjadi kiblat bagi orang kaya tinggal?

Jika ditengok ke dalam, negara kecil yang terletak di pantai Mediterania Perancis tersebut adalah rumah bagi 38 ribu penduduk. Menariknya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh WealthInsight, 1 dari 3 orang yang tinggal di Monako merupakan miliarder atau orang kaya. Negara tersebut memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia.

4. Siap-siap! Sidik Jari Bisa Gantikan Password Rekening Bank

Saat ini Anda sudah bisa menggunakan sidik jari untuk mengunci dan membuka telepon seluler (ponsel) pribadi. Tak lama lagi, Anda juga bisa menggantikan password rekening bank dengan sidik jari.

Melansir laman CNN Money, Sabtu (6/6/2015), selama setahun terakhir, bank-bank di AS telah meningkatkan upaya untuk menerapkan teknologi biometrik (pemindaian retina, pembaca sidik jari dan alat pengenal garis wajah) ke sistemnya.

5. Negara Ini Ingin Timbun Lebih Banyak Emas

Bank Sentral Rusia berupaya meyakinkan para investor untuk secara agresif menambah kepemilikan cadangan emasnya. Semua itu dilakukan guna meningkatkan stabilitas keuangannya.

Pimpinan Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina membahas peningkatan jumlah valuta asing dan pasokan emas dalam beberapa tahun ke depan. Bank tersebut juga berencana mendorong level cadangan emasnya dari hanya US$ 300 miliar menjadi senilai US$ 500 miliar. (Gdn/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.