Sukses

Ajak Remaja Mandek Kuliah, Miliarder Ini Sebar Duit US$ 2 Juta

80 mantan Thiel Fellows telah berhasil mencetak pendapatan US$ 41 juta.

Liputan6.com, New York - Jika kebanyakan orang berpikir belajar di universitas menjamin kesuksesan, salah satu miliarder terkaya dunia, Peter Thiel justru merasa kuliah tak banyak gunanya. Baru-baru ini Thiel Foundation, yayasan yang dimiliki oleh Peter Thiel mengumumkan akan memberikan uang masing-masing US$ 100 ribu ke 20 remaja yang berhenti kuliah dan memilih mendirikan bisnis.

Melansir laman Business Insider, Selasa (9/6/2015), Thiel berharap 20 generasi muda itu dapat menjadi seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Selain menerima masing-masing US$ 100 ribu, setiap Thiel Fellow, sebutan bagi mereka yang ikut dalam program tersebut, akan mendapatkan pelatihan kekayaan setelah berhenti kuliah selama dua tahun.

Program Peter Thiel yang diluncurkan pada 2011 dengan asumsi bahwa universitas memasung para siswa dari hal-hal baru dan membuatnya berutang demi membayar kuliah.

Program Thiel lebih pada pembekalan generasi muda dengan modal uang. 80 mantan Thiel Fellows telah berhasil memperoleh pendapatan US$ 142 juta sebagai modal usaha dan mencetak pendapatan US$ 41 juta.

"Tak ada yang mendorong kami untuk melibatkan para siswa ke dalam turnamen di mana yang bangkrut jadi pecundang dan mengubah pemenang menjadi konformis," kata Thiel.

Tapi dia mengatakan, itu yang akan terjadi hingga pihaknya mulai mempertanyakan apakah universitas hanya satu-satunya jalan menuju kesuksesan. Para generasi muda penerima modal dari Thiel Foundation tahun ini akan difokuskan ke area kesehatan, pangan dan memerangi penipuan.

Banyak anggota yayasan yang berusaha menciptakan konsep baru di berbagai bidang tersebut. Salah satu anggota berusia 21 tahun, Olenka Polak bahkan mampu mendirikan myLINGO, aplikasi mobile gratis yang memungkinkan Anda menonton film Hollywood dalam berbagai bahasa.

Peter Thiel lahir pada 11 Oktober 1967. Ia adalah seorang pengusaha di bidang teknologi informasi yang mendirikan PayPal bersama dengan Max Levchin dan Elon Musk. Ia juga investor di Facebook dengan kepemilikan 10,2 persen.

Selain itu, pria yang mempunyai nama lengkap Peter Andreas Thiel ini juga seorang  hedge fund manager di Clarium Capital. Perusahaannya tersebut mengelola dana masyarakat kurang lebih US$ 700 juta. (Sis/Gdn)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini